9i12 FITRI FARIDAH
FUNGSI KELUARGA
Dalam memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak, lingkungan ada yang sengaja diaadakan (usaha sadar) ada yang tidak usaha sadar dari orang dewasa yg normatif yang disebut pendidikan, sedang yang lain disebut pengaruh. lingkungan yang dengan sengaja diciptakan untuk mempengaruhi anak ada tiga yaitu :
1. lingkungan keluarga
2. lingkungan sekolah
3. lingkungan masyarakat
Ketiga lingkungan ini disebut lembaga pendidikan atau satuan pendidikan.
* Pengertian Pendidikan
Mendidik dan pendidikan adalah dua hal yang saling berhubungan. Dari segi bahasa, mendidik ialah kata kerja, dan pendidikan adalah kata benda. Kalau kita mendidik, kita melakukan kegiatan atau tindakan. Kegiatan mendidik menunjukkan adanya yang mendidik disatu pihak dan yang dididik dilain pihak. Dengan kata lain, mendidik adalah suatu kegiatan yang mengandung komunikasi antara dua orang manusia atau lebih. Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli tentang yang disebut pendidik atau pendidikan, antara lain:
-S.A.Branata, dkk: pendidikan ialah usaha yang disengaja diadakan, baik langsung mauoun tidak langsung, untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaan.
-Rousseau: pendidikan adalah memberikan kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkan pada waktu dewasa.
-Ki Hajar Dewantara: mendidik ialah menurut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiyaan yang setinggi-tingginya.
Keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak disini lah pertama kali ia mengenal nilai dan norma.karna itu keluarga merupakan pendidikan tertua, yang bersifat informal dan kodrati. Pendidikan di lingkungan keluarga berfungsi untuk memberikan dasar dalam menumbuh kembangkan anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar