9D28 RUKHANIAH ZEN
Jakarta - Promosi produk dengan iming-iming hadiah
lumrah dilakukan untuk meningkatkan pembelian produk. Salah satu yang
paling jamak adalah mencetakkan kode hadiah di balik tutup botol minuman
ringan. Pesimis akan menang? Duo ibu dan anak ini bisa mendapatkan
hadiah berkali-kali dari Coca-Cola.
Carrie (55) dan Sarah (31)
Jones memperoleh banyak uang dan hadiah dari kontes tutup botol
Coca-Cola. Namun, bukan berarti keduanya termasuk wanita yang memiliki
hoki besar. Mereka mendapat kemenangan berkali-kali tersebut dengan cara
curang.
Kepolisian Albany, Oregon, Amerika Serikat, pada 2011
menaruh curiga setelah menelusuri tingginya angka kemenangan yang ganjil
ke sebuah IP address komputer di wilayah tersebut. Penyidik sendiri
masih belum mengetahui bagaimana Carrie dan Sarah mendapat kode-kode di
balik tutup botol tersebut.
"Saya menduga ada pihak selain Carrie
dan Sarah Jones yang terlibat dalam kasus ini," ujar detektif Mike
Wood, seperti dilansir NWCN.com (25/02/13). Ia tak habis pikir,
bagaimana keduanya bisa membodohi perusahaan miliaran dollar seperti
Coca-Cola.
Menurut berita yang dimuat di Huffington Post
(26/02/13), satu keluarga tak boleh memenangkan kontes lebih dari lima
kali. Makanya, jaksa penuntut yakin bahwa Carrie dan Sarah memasukkan
kode hadiah ke website Coca-Cola menggunakan beberapa alamat email.
Selain
Coca-Cola, polisi juga menuding bahwa ibu dan anak ini mengklaim ribuan
kode hadiah lainnya, termasuk tiket konser, karcis bioskop, dan
voucher. Kemudian, keduanya mengelompokkan kode-kode tersebut dan
menjualnya di eBay. Dengan format lelang di situs tersebut, peserta
lelang terkadang membayar lebih dari nilai barang sebenarnya.
Coca-Cola
belum memberikan tanggapan mengenai hal ini, namun kerugiannya ditaksir
mencapai hampir $200.000 (sekitar Rp 1,934 miliar). Carrie dan Sarahpun
harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan membayar ganti rugi
sebesar $50.000 (sekitar Rp 483,5 juta). Padahal, menurut NWCN.com,
keduanya tak memiliki catatan kriminal sebelumnya.
DETIK.COM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar