Kamis, 28 Februari 2013

Hari Ini, Asteroid Besar Akan Melintasi Sumatra



9B26NANI ISAROH

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa asteroid besar berukuran leb ar 45 meter akan terbang melintasi bumi Jumat, 15 Februari 2013 hari ini. Asterdoid dengan nama DA14 yang berukuran setengah ukuran lapangan sepak bola ini, katanya akan bisa dilihat dari daratan Indonesia, terlebih untuk wilayah Sumatera.
Seperti yang dilansir Space (13/2/2013), asteroid DA14 tidak hanya akan melintas antara orbit Bumi dan Bulan tapi juga akan terbang dengan jarak rendah dibanding cincin komunikasi geosynchronous, cuaca serta satelit navigasi. Asteroid ini dikabarkan akan berada di jarak paling dengan Bumi dibanding satelit pada 5 ribu mil (8.046 kilometer).
Dengan jarak tersebut,  dengan demikian wilayah Indonesia khususnya bagian  Sumatra kabarnya dapat menyaksikan asteroid raksasa tersebut. Di Sumatra, asteroid ini akan terbang dengan jarak 17.200 mil (27,680) dari permukaan Bumi pada hari ini, Jumat pukul .
Asteroid yang berukuran besar  ini konon bergerak dengan sangat cepat. Peneliti NASA mengira bahwa asteroid ini nantinya bergerak melintasi sistem tata surya dalam kecepatan 17.450 mph .
Selain itu, benda luar angkasa ini dikatakan memiliki kandungan material silikat dan tergolong sebagai asteroid tipe S. Apakah asteroid raksasa ini akan menabrak Bumi? ilmuwan mengatakan bahwa asteroid ini tidaklah mengancam bumi, dan tidak akan sampai menghantam bumi.
Astronom pun telah membuat peta jalur asteroid. Dengan begitu, dapat diketahui kalau jarak terendah sekira 17.100 mil (27.520 kilometer) tidak akan menyentuh dan menghantam permukaan Bumi.
NASA telah mempersiapkan operator satelit dengan informasi tentang asteroid. Dengan begitu, satelit komunikasi, cuaca atau GPS , tidak ada yang akan menghalangi jalur asteroid tersebut.
Sumber: NGOMEL.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar