Kamis, 28 Februari 2013

Asia Memiliki Miliuner Terbanyak di Dunia


9i10Elawati
Asia Memiliki Miliuner Terbanyak di Dunia
|
Share:
Asia Memiliki Miliuner Terbanyak di Dunia wpmu.orgUang dollar Amerika.

BEIJING., KOMPAS.com
 - Sebuah survei yang digelar majalah Hurun terbitan China, Kamis (28/2/2013), menyebut Asia adalah benua dengan miliuner terbanyak diikuti Amerika Utara dan Eropa.

Di seluruh dunia terdapat 1.453 orang dengan kekayaan sebesar 1 miliar dolar AS atau lebih per Januari lalu. Dari jumlah itu, 608 orang miliuner berada di Asia, 440 orang di Amerika Utara dan 342 orang di Eropa.

Jika angka itu dirinci lagi maka jumlah miliuner terbesar terdapat di Amerika Serikat dan China masing-masing dengan 408 dan 317 orang miliuner, diikuti Rusia, Jerman dan India.

Orang terkaya di dunia masih dipegang raja komunikasi Meksiko Carlos Slim (73) dengan kekayaan pribadi mencapai 66 miliar dolar AS.

Sementara itu investor AS Warren Buffet dan pendiri merk fashion Zara, Amancio Ortega dari Spanyol menduduki peringkat dua dan tiga orang terkaya dunia. Kekayaan kedua orang ini masing-masing sebesar 58 miliar dan 55 miliar dolar AS.

Jika seluruh harta semua miliuner itu digabung maka jumlahnya akan mencapai kisaran 5,5 triliun dolar atau sama dengan nilai perekonomian Jepang tahun lalu.

Majalah Hurun menambahkan real estat, telekomunikasi, media, teknologi dan bisnis ritel adalah sumber-sumber kekayaan paling umum yang dimiliki para miliuner dunia.

Ketua Bidang Litbang Majalah Hurun Rupert Hoogewerf mengatakan jumlah sebenarnya para miliuner ini kemungkinan bisa mencapai tiga kali lipat dari angka saat ini. Sebab, sebagian dari mereka cenderung menyembunyikan kekayaaannya.

"Sebagian menyembunyikan kekayaannya karena diperoleh secara ilegal. Sebagian lainnya memang tak ingin menonjolkan kekayaannya," kata Hoogewerf.
Sumber : internasional.kompas.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar