Jumat, 25 Januari 2013

TRADISI PANJANG JIMAT: Sedot Perhatian Wisatawan

9F22 NOORHAYATI
CIREBON (bisnis-jabar.com)—Ratusan warga mengunjungi pasaran muludan yang digelar untuk memeriahkan perayaan maulid nabi.

Pasaran muludan rutin digelar setiap tahun oleh 4 keraton yang ada di Kota Cirebon Jawa Barat mulai 18-24 Januari 2013 atau hingga puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan warga dari wilayah III Cirebon memadati sejumlah ruas jalan di sekitar Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Keprabonan.

Kepadatan tampak berbeda dengan hari-hari sebelumnya karena Kamis (24/1/2013) merupakan hari terakhir pasaran muludan dengan acara penutup panjang jimat di tiap keraton dengan pembacaan kitab barjanji.

Terkait pelaksanaan panjang jimat pada puncak peringatan maulid nabi, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat selaku Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon mengatakan pada ritual panjang jimat biasanya dihadiri oleh pengunjung dari luar Cirebon seperti Bogor dan daerah lainnya.

“Pengunjung dari luar daerah Cirebon juga ikut dalam ritual lainnya dalam peringatan maulid nabi,” katanya melalui blackberry messenger, Kamis (24/1/2013).

Jelang ritual panjang jimat sejumlah personil keamanan dari TNI dan Polri akan disiagakan untuk menjaga ketertiban dan pihak keraton menyediakan layar proyektor di luar keraton bagi masyarakat yang ingin menyaksikan proses ritual tersebut.(k3/yri)

SUMBER:bisnis-jabarcom www.bankbjb.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar