Kamis, 31 Januari 2013

AHOK INGIN BANGUN HOTEL DI SEKITAR MUSEUM FATAHILLAH

9B08 BRIAN NUR FAHMI


Untuk menarik peningkatan jumlah wisatawan di Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ingin membangun hotel di sekitar Museum Fatahillah. Pria yang akrab disapa Ahok ini juga tengah menyiapkan rehabilitasi atas bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya.

Demi mendukung langkah itu, Ahok akan memerintahkan jajarannya untuk segera merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang menjual makanan dan minuman yang berdekatan dengan Cafe Batavia. Sementara, khusus PKL non makanan tidak dipindahkan.

"Resto yang ada di sana hanya Cafe Batavia, kalau Batavia sukses, maka akan bangun hotel," kata Ahok saat menggelar rapat dengan Dinas UKM, Dinas Pariwisata, Dinas Energi dan Perindustrian, Dinas Kebersihan, LSM dan perwakilan PKL Museum Fatahillah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/1).

Dalam desain yang disiapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan empat cluster atau zona di kawasan Kota Tua. Khusus cluster II, lokasi ini akan diberikan kepada PKL yang menjual non makanan dan minuman seperti pakaian atau aksesoris.

Tidak hanya itu, Ahok meminta selama penataan juga disediakan jalan khusus kendaraan roda empat untuk menurunkan atau menaikkan penumpang. Pembangunan jalan bisa dibuat dalam bentuk valet, dengan demikian Cafe Batavia mudah dijangkau pengunjung.

"Saya pikir di situ ada jalan mobil, mesti pakai valet atau apa untuk nurunin penumpang. Mesti ada sisi sebelah PKL, kalau ditutup bisa merugi Batavia dan selesai kita," pintanya.

Dalam pelaksanannya nanti, anggaran pembangunan tidak akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Pembiayaan akan memakai dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sumber: merdeka.com
http://www.merdeka.com/jakarta/ahok-ingin-bangun-hotel-di-sekitar-museum-fatahillah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar