Jumat, 25 Januari 2013

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

9C14 GHINA ATHIYAH 






Pada, Kamis 24 Januari 2013 perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gunung Jati berjalan cukup ramai. Terutama di situs pemakaman salah satu Wali songo yaitu Syech Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal "Sunan Gunung Jati". Para peziarah bukan hanya dari Cirebon saja melainkan banyak pula peziarah yang datang dari luar Cirebon.
   Hal ini menyebabkan kemacetan disekitar jalan raya Gunung Jati. Hal tersebut diakibatkan karena kendaraan para peziarah yang memarkirkan kendaraan nya di bahu jalan. Hal tersebut menyebabkan sebagian bahu jalan terpotong.
   Selain keramaian terjadi di Gunung Jati, keramaian juga terjadi di keraton Cirebon. Pengunjung keraton tumpah ruah disekitar keraton. Pada hari maulid nabi ini jumlah pengunjung keraton lebih meningkat dari hari-hari biasanya. Jalan-jalan menuju keraton pun dipadati pengunjung yang akan keraton. Akibatnya terjadi kemacetan dan berbagai tindak kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, selain itu, mengakibatkan terpisahnya anak dengan orang tua nya karena terlalu banyak nya orang sehingga anak terlepas dari pegangan orang tua ada pun yang pingsan di kerebunan pengunjung yang berebut ingin masuk keraton.
   Akibatnya peningkatan pengunjung ada beberapa ruangan-ruangan di keraton yang di tutup. Selain itu para pedagang musiman juga mendapatkan untung lebih besar dari hari maulid nabi ini. Seperti adat yang dilakukan warga keraton apabila maulid nabi mengadakan acara panjang jimat pada malam hari nya. Benda-benda pusaka seperti keris, dll . diarak sampai ke masjid di dalam keraton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar