Sabtu, 26 Januari 2013

Hujan Deras Sebabkan Banjir-Longsor di Bogor

9I01 ABDUL ROKHMAN
Tercatat 10 desa di empat kecamatan mengalami banjir dan tanah longsor. Puluhan rumah dilaporkan terendam, serta penghuni rumah diungsikan.

Data yang diperoleh dari Santel pada Diskominfo Pemkot Bogor, 12 rumah di RT 01/08 Kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat terendam banjir. Kemudian di Desa Sindangbarang Kecamatan Bogor Barat 10 rumah dilaporkan juga terendam banjir.


Sementara itu, di Kecamatan Tanah Sareal banjir merendam 14 rumah di RT 06/04 Kel. Kancana, 11 rumah di RT 03/01 dan 9 rumah di RT 04/07 Kel. Cibadak. Kemudian 7 rumah di RT 02/11 dan 10 rumah di RT 02/11 Kel. Kedung Waringin.

Selain banjir, bencana longsor pun terjadi di Kel. Ciparigi, Kel. Empang Kec. Bogor Selatan. Kemudian di Kel. Cibogor dan Kel. Sempur Kec. Bogor Tengah derta Kelurahan Menteng Kec. Bogor Barat.

Sedangkan pohon tumbang terjadi depan Pasar TU Kayumanis yang menimpa jaringan listrik. Akibatnya aliran listrik di sekitar lokasi padam. Satu lagi pohon tumbang terjadi di Kelurahan Kayumanis RT 01/11 Kec. Tanah Sareal, yang menimpa angkot yang tengah terparkir.

"Laporan terjadinya banjir tersebut diterima sekitar pukul 17.30 WIB. Secara bertahap laporan banjir dan pohon tumbang terus masuk ke operator di Santel. Petugas dari UPTD Damkar dan Tagana langsung turun ke lokasi," jelas Petugas Santel Aa Budi.

Disebutkan Budi, banjir yang terjadi sebagian besar akibat air sungai yang meluap. Umumnya lokasi yang terendam banjir adalah pemukiman penduduk disekitar bantaran sungai.

"Sebagian warga yang rumahnya terendam banjir sudah diungsikan. Ada yang diungsikan ke mesjid ada juga yang mengungsi ke rumah kerabatnya," jelas Budi.

Hujan disertai angin kencang dan petir mengguyur Kota Bogor sejak pukul 14.30 Wib. Dan baru berhenti sekitar pukul 21.30 Wib. Kondisi beberapa ruas jalan pun terlihat digenangi air.

sumber: inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar