Selasa, 29 Januari 2013


Seorang Tentara Tewas Dalam Bentrokan di Turki
9C22 MAS'AMAH

Pemberontak Kurdi menewaskan seorang tentara Turki, Ahad, dalam bentrokan pertama dengan pasukan keamanan dalam beberapa bulan, demikian sumber militer.

Tentara kedua terluka dalam pertempuran dengan pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di provinsi Hakkari di dekat perbatasan Irak, mereka mengatakan tanpa menyebut nama.

Militer Turki telah meningkatkan operasi di wilayah itu menyusul serangan tersebut, kata kantor berita milik negara Anatolia.

Bagian tenggara Turki yang sebagian besar warganya orang Kurdi, tempat 25 tahun perang dengan PKK, relatif damai dalam beberaoa bulan ini di tengah upaya pemerintah untuk menemukan penyelesaian politik atas konflik itu.

Maret merupakan waktu ketika permusuhan secara tradisional meningkat karena musim semi memberikan tenaga di wilayah pegunungan itu. Pekan lalu dua tentara tewas akibat ledakan.

PKK mengangkat senjata pada 1984, dan lebih dari 40.000 orang, sebagian besar orang Kurdi, tewas akibat konflik itu. Pemberontak itu telah menurunkan tuntutan mereka dari sebuah negara merdeka menjadi hak kultural yang lebih besar bagi sekitar 15 juta etnik Kurdi di Turki.

Sumber : berita luar negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar