Jumat, 25 Januari 2013

PENCEMARAN LINGKUNGAN

9G06 ARIYANTI


Pencemaran ditandai dengan adanya bahan pencemar dalam suatu lingkungan yang berlebihan sehingga mengganggu kesehatan manusia. Bahan-bahan pencemar bisa dari sampah, zat kimia, virus, dan lain-lain. Pencemaran itu terjadi secera alami atau akibat ulah manusia.

Pencemaran sendiri terdiri dari pencemaran air, udara, dan tanah. Pencemaran air terjadi bila air terdapat bahan pencemar sehingga kualitas air tidak bisa di manfaatkan lagi. Syarat air yang layak untuk di konsumsi adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Pencemaran udara terjadi bisa dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan peristiwa kebakaran. Pencemaran tanah bisa dari sampah terutama plastik, sisa botol, dan pecahan keramik.

Penyebab dari pencemaran ini akan berdampak pada manusia, tumbuhan, dan hewan. Cara mencegahnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan melakukan penghijauan. 

Cara agar lingkungan kita tidak tercemar dengan mengolahnya terlebih dahulu. Contoh: mengolah sampah plastik menjadi benda yang bermanfaat seperti menjadi tas, payung, dll, mengolah limbah pabrik sebelum di buang ke sungai, menam pohon atau tamanan kecil di pot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar