Selasa, 22 Januari 2013



9I06 AFRILIYENI

Artikel
Apa yang disebut  sebagai  artikel dalam dunia jurnalistik?
     Dalam dunia jurnalistik, artikel adalah salah satu bentuk non fiksi (berdasarkan data dan fakta) dan diberi sedikit analisis serta pendapat oleh penulisnya. Biasanya, artikel hanya menyangkut satu pokok persoalan,  dengan sudut pandang hanya dari satu diplin ilmu. Teknik yang digunakan umumnya deduktif – induktif atau sebaliknya.

Apakah beda artikel dengan interpretative news?
     Interpretetive news juga merupakan salah satu bentuk tulisan non fiksi yang juga diberi opini oleh penulisnya.  Namun kalau sebuah artikel sudah bias ditulis hanya dengan bahan data dan fakta, maka interpretative news harus berdasarkan peristiwa factual. Kalau artikel bisa ditulis oleh siapa saja, kalau interpretative news hanya ditulis oleh intern wartawan atau redaktur dari penerbit bersangkutan.

Apakah beda artikel dengan opini dan kolom?
     Dalam dunia jurnalistik, opini dibadakan dengan artikel karena dalam opini, pendapat pribadi (buah pikiran) penulis lebih diutamakan. Sementara dalam artikel pendapat pribadi penulis biasanya dikemukakan dalam bentuk analisis atau data dan fakta tandingan, yang berbeda dengan data dan fakta yang dijadikan bahan tulisan. Dengan adanya analisis serta data dan fakta tandinagan itu, pembaca artikel diharapkan mengambil kesimpulan sendiri. Kolom adlah artikel, opini, esai atau tulisan lain oleh penulis tetap, yang diberi ruang (rubrik) yang tetap pula


Sumber : Tulisan Afriliyeni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar