Sabtu, 26 Januari 2013

Korban Banjir Dapat Pengobatan Gratis

                                          9121 NUR'AISAH
 
BERITAJAKARTA.COM — 25-01-2013 20: 26
  BERITAJAKARTA.COM — 25-01-2013 20:26
Puluhan aktifis Kajian Seputar Kota (Kasta) dan Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta diterjunkan untuk membantu korban banjir di wilayah Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, sejak sepekan lalu. Dua lembaga nirlaba ini mendirikan posko kesehatan dan memberikan pengobatan gratis kepada korban banjir.

“Tim relawan Posko Kesehatan Humanika sudah bekerja sejak Kamis (17/1) untuk memberikan pengobatan gratis. Kebanyakan keluhan pengungsi korban banjir adalah gatal-gatal, batuk dan gangguan saluran pernafasan," ujar Ketua Posko Humanika Peduli, Sugeng Riyadi, Jumat (25/1).

Dikatakan Sugeng, pihaknya saat ini masih membutuhkan banyak obat-obatan untuk para korban banjir. "Terutama untuk obat batuk dan flu ringan," katanya.

Selain melakukan pengobatan gratis, Posko Humanika Peduli juga menyalurkan sejumlah kebutuhan bagi para pengungsi, seperti selimut, pakaian dalam, dan peralatan sekolah. "Kami baru saja mendistribusikan bantuan peralatan sekolah dari SMAN 70 Jakarta," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kasta Didi O Affandi menambahkan, musibah banjir tahun ini memang cukup parah, bahkan belum bisa diprediksi, karena cuaca saat ini sangat ekstrem sehingga perlu ada antisipasi dalam menghadapi banjir susulan.

“Saya berharap bantuan pengobatan gratis ini bisa meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir, meskipun banyak instansi lain sudah melakukan hal yang sama," kata Didi.

Didi berharap, ke depan penanganan masalah musibah banjir ini harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan peran serta ormas dan masyarakat, termasuk soal relokasi dan distribusi bantuan untuk korban harus tepat sasaran.
Pada kesempatan itu, bantuan kepada korban banjir juga disalurkan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta yang dibagikan secara langsung oleh Kabid Kepemudaan Disorda DKI Jakarta, Firmansyah Wahid.
                       Sumber;BeritaJakartaCom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar