Kamis, 31 Januari 2013

Saat Foto-Foto Banjir Bertebaran Di Dunia Maya


SAAT FOTO-FOTO BANJIR BERTEBARAN DI DUNIA MAYA



Nama : Sri Oktaviani.
No.Abs ; 36
Kelas : 9G

Ini Adalah foto fenomena menarik saat terjadi banjir besar melanda Jakarta hari-hari ini.


Ada begitu banyak limpahan foto-foto situasi banjir dan kemacetan yang bertebaran di dunia maya lewat, terutama lewat jejaring media sosial.

Anda yang aktif ber-Twiiter ria pasti mendapati seseorang di lini masa Anda mengunggah foto situasi banjir atau berbagi informasi seputar banjir lewat Twitter. Atau pula, yang memiliki blackberry pastilah mendapat broadcast message soal info banjir atau ada yang berbagi foto situasi banjir.

Fenomena apa nih? Well, setelah makin masifnya penggunaan internet dan smartphone pada sebagian besar warga Jakarta, tentulah warga saling berbagi info soal banjir. Kini, berita soal banjir tak lagi didominasi media mainstream seperti televisi, radio, atau situs berita. Mengutip berita di Forbes, 30 Desember, Jakarta saat ini adalah kota paling aktif di Twitter di atas New York (AS), Tokyo (Jepang), London (Inggris), dan Sao Paulo (Brazil).

Kecenderungan orang berinternet saat terjadi bencana tidak khas Indonesia. Di AS pun, saat badai Sandy menghantam pantai timur negeri itu Oktober lalu, penggunaan internet meningkat tajam. Huffington Post melaporkan, mengutip sebuah lembaga pemantau lalu lintas internet Sandvine yang berbasis di Kanada, saat puncak badai Sandy menghantam pantai utara AS, 29 Oktober 2012 dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, penggunaan internet naik 114 persen.

Saat terjadi bencana, orang rupanya cenderung berbagi info lewat internet atau juga, orang lari ke internet untuk cari info dan mengekspresikan isi hati mereka karena jadi korban dampak banjir.

Orang tak lagi mencari info banjir dari televisi, radio, atau situs berita. Kini setiap orang bisa membuat berita sendiri dengan mengirim pesan ke dunia maya. Salah satu pesan yang jadi perbincangan adalah ketika Kamis (17/1) pagi tadi muncul kabar Gubernur Jakarta Jokowi memberlakukan cuti bersama akibat banjir.

Kabar itu begitu menyebar dan nyaris dipercayai banyak orang. Hingga kemudian media mainstream semacam stasiun TV atau situs berita meminta konfirmasi ke kantor Jokowi (yang tentu saja, itu kabar hoax alias palsu.) Berikut ini Ado-foto yang tersebar Di Dunia Maya :



SOURCE: Bintang Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar