Kamis, 31 Januari 2013

Pesta Arak-arakan di Gegesik

9C14 GHINA ATHIYAH







   Gegesik, 29 Januari 2013. Adalah puncak kemeriahan yang digelar di Gegesik. Arak-arakan pun digelar pada siang hari. pada hari itu bertepatan dengan Try Out tingkat SMP hari ke-2. Jadwal TO yang biasa dilaksanakan siang hari kini dimajukan pada pukul 10.00 WIB. Untuk wilayah Gegesik & Kaliwedi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan dan supaya konsentrasi siswa-siswi tetap terjaga. 
       Arak-arakan dimulai setelah sholat dzuhur dilaksanakan. Warga dari luar Gegesik pun banyak yang datang ke Gegesik untuk melihat arak-arakan. Arak-arakan diikuti oleh anak-anak yang mengikuti sunatan masal, para kaum pemuda yang membuat berbagai kreasi & para warga yang berminat.
       Tak lupa , pada tiap tahun muludan juga biasanya diiringi grup marching band , kali ini perwakilan MB yang mengiring muludan MB Gema suara tendean yaitu MB dari SMP 1 Gegesik. Biasanya MB ada di barisan paling depan. setelah MB barisan selanjutnya adalah Gruda yaitu sebuah karya para tetuah Gegesik, dan sebagian orang masih mempercayai Gruda sebagai pembawa berkah. Setelah Gruda barisan selanjutnya adalah perwakilan masing-masing desa Gegesik(Panunggul, Gegesik Wetan, Gegesik Kidul, Gegesik Kulon, Gegesik Lor).
     Sebelum memulai arak-arakan para peserta arak-arakan berkumpul terlebih dahulu di alun-alun Gegesik. Para penonton penuh sesak memeadati jalan-jalan yang akan dilewati arak-arakan. Acara muludan ini begitu meriah ditambah dengan hasil-hasil karya anak-anak Gegesik yang cukup bagus.
     Hanya saja dibeberapa tempat terjadi kericuhan. Disalah satu tempat terjadi perkelahian antara orang-orang yang sedang ikut berjoged di arak-arakan. Tidak diketahui pasti penyebabnya, diduga karena salah satu pihak tidak sengaja mengenai tubuh seseorang dari kubu lainnya mereka terpancing emosinya . Banyak yang menduga, banyak sekali orang pada saat itu mabok(dalam pengaruh alkohol)
   Miris rasanya melihat para penerus bangsa yang sekarang. kita berharap semoga muludan selanjutnya bisa lebih baik & bernilai positif. Pada malam hari setelah arak-arakan diadakan pula pesta kembang api oleh wakil bupati Cirebon bapak Ason Sukasa yang berasal dari Gegesik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar