Jumat, 25 Januari 2013

Jokowi Kunjungi Pengungsi di Penjaringan

 9h28Ratih Purwaasih

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melihat keadaan warga korban banjir di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (26/1). Jokowi bersama rombongan tiba di lokasi banjir sekitar pukul 12.15 WIB. Ia disambut sorak sorai warga. Mereka berduyun-duyun mendekati Jokowi hanya untuk sekedar bertemu atau bertegur sapa.

Sebelum melakukan kegiatan blusukan-nya, Jokowi melaksanakan shalat dzuhur berjamaah bersama pengurus masjid dan sejumlah warga di Masjid Keramat Luar Batang.

Sejumlah warga pun meneriakkan harapan mereka kepada Jokowi, seperti meminta bantuan, mengeluhkan banyaknya sampah sisa banjir yang menumpuk di depan rumah warga, dan sulitnya evakuasi lapangan karena kawasan rumah mereka yang harus melalui gang-gang sempit.

Seorang warga, Jani (56), mengatakan, sejak hari pertama banjir, tak ada posko pengungsian di wilayah mereka. Perahu karet dari petugas lapangan tak ada yang sampai di lokasi karena sulitnya jalur tempuh yang harus dilalui. Jani meminta kepada Jokowi agar pendistribusian bantuan dari Pemprov DKI dilakukan oleh RT/RW sehingga saat pembagian bantuan tidak berdesak-desakkan. "Bantuannya dikasih ke Pak RT saja. Biar enggak desak-desakkan seperti itu," katanya seraya menunjuk ke arah keramaian warga yang mengantre menerima bantuan Jokowi.

Banjir menerjang Penjaringan, Jakarta Utara, sejak Kamis 17 Januari lalu. Ratusan rumah terendam dan kawasan ini berubah menjadi kolam raksasa. Air tak menyisakan sedikit pun areal yang kering. Kondisi diperparah dengan menumpuknya sampah di pintu air Pluit. Belum susutnya ketinggian air yang menggenangi kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, diduga akibat terjadinya air pasang dari laut.

Sumber:http://megapolitan.kompas.com/read/2013/01/26/13461763/Jokowi.Kunjungi.Pengungsi.di.Penjaringan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar