Sabtu, 26 Januari 2013

Mendikbud Tidak Ingin Mobil Listrik ITS Diuji di Jalanan Umum


9F24 NUR FATIKAH





 

Surabaya - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh sepertinya tidak ingin mobil listrik ITS, EC ITS mengalami nasib serupa dengan mobil listrik Tucuxi. Dia menyarankan supaya mobil berpelat L 1 ITS ini harus lolos uji laboratorium terlebih dahulu.

"Saran saya, mobil listrik ini jangan diuji coba di jalan umum, itu public space, ruang publik," kata M Nuh di Gedung Rektorat ITS Jalan Sukolilo, Sabtu (26/1/2013).

Bukannya tidak optimistis, M Nuh mengaku lebih memikirkan soal keamanan dan kenyamanan para pemakai jalan umum. Lagipula, meski telah menuai banyak pujian, city car listrik yang memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam ini musti harus dibenahi lagi.

"Harus ada test atau uji laboratorium terlebih dahulu," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Sistem dan Otomasi Industri ITS Nur Yuniarto mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti arahan Mendikbud. Nur yang juga ketua tim perakitan mobil listrik dengan DC motor 20 kW ini mengaku segera melakukan uji laboratorium.

"Oh iya tentu, dalam waktu dekat mobil listrik ini akan melalui uji laboratorium," tutur Nur.

Dia menjelaskan secara singkat, bahwa mobil listrik ini merupakan prototipe untuk platform riset. Mobil yang juga digarap oleh sekitar belasan mahasiswa ITS ini bukan untuk komersial.


SUMBER :DETIK.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar