Jumat, 01 Maret 2013

Cara membangun percaya diri

CARA MEMBANGUN PERCAYA DIRI

9I23 NURUL LINDA
        Kesuksesan merupakan hak semua orang.kita bisa sukses salah satunya dengan percaya diri .percaya diri merupakan salah satu faktor yang dapat membedaka antara orang yang sukses dan gagal,berikut merupakan beberapa cara membangun rasa percaya diri.

1.yakin pada kemampuan diri
setiap orang lahir dengan keistimewaan .kita semua memiliki keistimewaan yang berbeda .keistimewaan itu berupa perbedaan potensi atau bakat yang membuat tiap orang menjadi unik.
kamu tidak perlu minder atau malu jika kemampuan matematika mu pas-pasan .mungkin bakat luar biasamu ada dalam bidang lain seperti seni atau olahraga .bukankah lebih baik jadi seniman atau olahragawan hebat daripada menjadi matematikawan biasa.
      Orang yang percaya diri yakin terhadap kemampuan yang di milikinya .kemampuan yang di miliki adalah anugrah dari tuhan yang maha esa.kita tidak boleh malu dengan bakat yang kita miliki.
2. bertanggung jawab
Berani bertanggung jawab merupakan satu ciri orang sukses.orang yang berani bertanggung jawab mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik.orang yang bertanggung jawab selalu menepati janjinya ,mematuhi peraturan yang berlaku dan disiplin.
     belajarlah bertanggung jawab dari hal paling kecil misalnya ,memelihara buku-buku perpustakaan dan mengembalikannya dengan tepat waktu
3.menggali potensi diri
 setiap manusia memiliki potensi diri .akan tetapi terkadang kita tidak menyadarin ya.orang sukses mampu menggali potensi diri yang di milikinya .oleh karena itu  , segeralah kamu menggali potensi diri.misalnya dengan bertanya kepada orang tuamu atau teman dekatmu .
     dengan melakukan hal tersebut ,kamu bisa mengetahui ptensi diri yang kamu miliki .misalnya kamu pandai membaca puisi dan membacakannya di depan kelas.
4.berfikir positif
berfikir positif dapat membangun rasa percaya diri dengan cepat.kita tidsak perlu berfikir tentang hal-hal yang dapat menghilangkan rasa percaya diri.mulailah kamu berfikir positif pada diri sendiri.misalnya,berkata "SAYA MAMPU MELAKUKANNYA" dengan berkata seperti itu  ,kamu akan terus merasa semangat dan m,endorong untuk melakukan berbagai hal positif.
5.berani mengambil resiko
berani mengambil resiko merupakan sikap yang baik daripada kita harus menyerah pada rasa takut.kita juga harus siap menerima hasil yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan .
        misalnya,menerima tantangan menjadi peserta lomba LKBBI (Lomba Keterampilan Baris-berbaris Indah)paskibra  tingat kabupaten.jika hasilnya bukan kita yang menang ,kita tidak perlu putus asa .kita bisa mengikutinya tahun cepan dan optimis bahwa kita akan memenangkannya.
6.tidak putus asa.
Sikap putus asa dapat menghambat kesuksesan seseorang.apabila kamu mengalami kegagalan janganlah putus asa .yakinlah bahwa dibalik kegagalan ada kesuksesan.mungkin saat itu bukanlah hari keberuntungan kita .tetaplah optimis dalam menghadapi segala hal.

         Itu adalah beberapa hal yang mungkin dapat menbangun rasa percaya dirimu .ingat ! kita akan bisa sukses jika kita mau dan mampu mengubah pola fikir kita sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar