Jumat, 01 Maret 2013

Sejarah Medali Pertama Indonesia di Olimpiade

9H005 AZA ILFANAH 


Olimpiade Seoul tahun 1988 adalah momen bersejarah bagi Indonesia, karena pada olimpiade di negeri ginseng ini Indonesia berhasil membawa pulang medali pertama walaupun hanya medali perak dari cabang panahan.

Sebelum Susi Susanti, Alan Budikusuma dan pasangan ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaki merasakan kemegahan podium utama dan dikalungkan medali di olimpiade, adalah 3 srikandi Indonesia yaitu Nurfitriyana S. Lantang, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani yang pertama kali berhasil memboyong medali pertama untuk Indonesia di ajang olahraga dunia tersebut.

Pada olimpiade ke 24 yang digelar di Seoul pada 17 September - 2 Oktober 1988 itu, ketiga srikadi Indonesia berhasil mengalahkan tim panahan Amerika Serikat dan melahirkan legenda sembilan anak panah. Dengan keberhasilan tersebut Indonesia berhasil keluar sebagai juara ke 2 dan berhak atas medali perak. Kabar keberhasilan 3 srikandi panahan Indonesia yang mengharumkan nama bangsa sampai ke tanah air dan mereka disambut bak seorang pahlawan.

Keberhasilan 3 srikandi Indonesia selain mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ternyata juga menjadi penyemangat dan berhasil mengilhami atlit-atlit lain untuk lebih keras berjuang mendapatkan medali. Buktinya, pada olimpiade berikutnya tahun 1992 di Athena Indonesia berhasil meraih medali emas lewat tangan Susi Susanti dan Alan Budikusuma, dan tradisi menyabet medali terus berlanjut pada setiap olimpiade berikutnya.

Prestasi 3 srikandi Indonesia ini seperti menambah keyakinan Indonesia bahwa KITA BISA ,mewujudkan mimpi meraih medali di ajang olahraga dunia yaitu olimpiade.

Simak kisah lengkap perjuangan salah satu srikandi Indonesia yaitu Nurfitriyana S. Lantang di program KITA BISA pada hari Minggu, 3 Maret 2013 pukul 10.00 WIB di KOMPAS TV.

Program KITA BISA dipersembahkan oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation. (adv)
 

0 komentar:

Poskan Komentar