Jumat, 01 Maret 2013

Kantin SMPN 1 Gegesik

9E17 MAR.ATUS SHOLIKHAH
   Kantin SMPN  1 gegesik terdiri dari 8 kios. Terletak di belakang lab. IPA. Masing-masing kios umumnya menawarkan jenis makanan dan minuman yang hampir sama. Dari makanan, ada nasi, nasi goreng, nasi kuning, mi instan, gorengan, snack, permen, dll. Sedangkan minumannya menawarkan es susu, pop ice, es teh, dan masih banyak lagi.
   Setiap kali jam istirahat, kantin selalu ramai di penuhi oleh siswa-siswi kelas 7, 8, maupun kelas 9. Bahkan, ketika jam istirahat, kantin serimg kali berdesakan. Menurut saya, tempat di kantin masih belum memadai. Di lihat dari jumlah siswa-siswi SMPN 1 gegesik itu sangat banyak sekali. Jadi, menurut saya, di kantin seharusnya lebih di sediakan tempat duduk yang cukup. “ yahhh... udah penuh,, makannya dimana?” ungkap salah seorang siswa ketika sedang membeli nasi di kantin.
   Kebersihan di kantin menurut saya cukup baik. Siswa-siswi sudah sadar akan kewajibannya. Saya melihat, sudah banyak siswa-siswi membuang sampah pada tempatnya. Walaupun ada juga beberapa siswa yang membuang sampah sembarangan.
  Pemilik dari warung juga menurut saya terlihat sudah cukup baik. Saya pernah melihat, ketika waktu  istirahat telah habis, salah seorang dari pemilik kantin mengambil sampah-sampah yang berserakan. Tidak hanya di area kantin saja, namun di sekitar area area kantin seperti di depan lab komputer, lab ipa, kecuali di area kelas.
   Biasanya, dari 8 kios tersebut ketika jam pulang sekolah atau sekitar  jam 2-an ada beberapa kios yang sudah tutup. Namun ada juga beberapa yang masih buka. Karena biasanya ada siswa yang mengikuti eskul, atau kegiatan yang lainnya. Sehingga kios yang masih buka tersebut dapat memperoleh keuntungan yang mungkin lebih banyak.
   Sangat di sayangkan, ketika siswa-siswi yang memanfaatkan kantin sebagai tempat nongkrong. Misalnya, ketika tidak ada guru yang mengajar karena suatu hal, siswa siswi justru malah pergi ke kantin untuk nongkrong,ataupun hanya sekedar untuk makan dan lebih parahnya adalah walupun ada guru yang mengajar mereka tetap pergi ke kantin dengan alasan ke toilet.hal itu sangat disayangkan.seharusnya mereka menunggu saat jam istirahat,bukan pada saat KBM berlangsung. “ke kantin yuk,laper nih” ungkap seorang siswa laki-laki ketika jam pelajaran tidak ada guru yang masuk.
                                                                      Karya sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar