Jumat, 01 Maret 2013

BERCERAMAH

9I11 EVON NOVIYANTI
BERCERAMAH

    Kalian ingin berceramah? Tapi, kalian harus tahu terlebih dahulu apa arti dari " Berceramah "?
Apakah diantara kalian sudah ada yang tahu, apa ati dari " Berceramah "?
    Berceramah tak jauh berbeda dengan berpidato atau bentuk-bentuk penyajian lisan yang lain. Satu hal yang sedikit membedakan antara keduanya adalah pada ceramah tujuannya lebih fokus Pada penjelasan atau penyamapaian informasi yang sebelumnya belum diketahui oleh pendengarnya. Jadi, pada ceramah benar-benar pendengarnya belum tahu dan sangat membutuhkan informasi yang diceramahkan, sedangkan pada pidato terkesan sekedar melengkapi acara dan isi pidatonya kadang diabaikan oleh pendengarnya.
   Berlatihlah menjadi penceramah yag piawai, yang mampu mempengaruhi pendengar, dan sanggup memahamkan pendengar ceramah. 

1. Merencanakan ceramah dalam bentuk garis besar ceramah

    Sebelum melakukan ceramah, persiapan yang perlu disiapkan adalah membuat rencana ceramah dalam bentuk garis besar materi yang akan disampaikan. Hal ini mirip dengan berpidato dengan metode ekstemporan, yaitu berpidato dengan pedoman kerangka pisdato. Garis besar isi sebuah ceramah adalah sebagai berikut.

a. Pembuka 
    Berisi sapaan kepada para peserta ceramah, menanyakan keadaan peserta ceramah, mengajak bersyukur, sampaikan ucapan terimah kasih atas diberikannya kesempatan berbicara didepan para peserta, sampaikan harapan.

b. Pengantar menuju materi ceramah 
    Berisi penyampaian judul ceramah, isi materi yang akan dibahas, serta pentingnya materi tersebut dibahas dalam ceramah, perlu disampaikan juga metode ceramah,  kapan peserta boleh bertanya, bagaiman prosedur penyampaian pertanyaan dan sebagainya.

c. Materi inti 
    Berisi penyampaian isis materi ceramah dengan uraian dan contoh sejelas-jelasnya sehingga peserta ceramah memperoleh kejelasan dan kepuasan setelah ceramah. 

d. Simpulan ceramah
    Sebelum ceramah diakhiri, sampaikan simpulan isi pembicaraan agar para peserta memperoleh satu pemahaman tentang materi yang diceramahkan.  

e. Penutup 
    Jika sudah tidak ada pertanyaan atau permasalahan yang perlu dibahas dalam ceramah dan waktu yang disediakan untuk ceramah telah usai maka diakhiri ceramah dengan mengucapkan terimah kasih atas perhatian para peserta dalam mengikuti ceramah dan sampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian. 

2. Mencari pendukunng 

   Memberikan ceramah merupakan kegitan menjelaskan suatu materi kepada para peserta ceramah. Oleh karena itu, isi materi harus didukung dengan berbagai bahan pendukung, sumber referensi dan sumber materi yang lain. Berdasarkan topik yang dipilih, carilah materi pendukung selengkap mungkin. 

3. Melatih keberanian dan kelancaran berceramah 

    Kunci sukses orang berbicara di depan umum adalah keberanian. Sebagai apa pun persiapan yang lelah direncanakan, jika tidak didukung dengan keberanian m,enyampaikan materi pembicaraan di depan umum, maka persiapan tersebut menjadi sia-sia dan tidak berarti karena ceramah akan menemui kegagalan.      

   Jadilah penceramah bagi teman-teman sekelas kalian. Penilaian akan dilakukan dengan unjuk kerja berceramah kalian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar