Jumat, 01 Maret 2013

Tari Piring Tarian Asli Masyarakat Minangkabau

9I12 FITRI FARIDAH

Tari Piring Tarin Asli Masyarakat Minangkabau

     Tarian Piring merupakan seni tari yang dimiliki oleh orang Minangkabau yang berasal dari Sumatra Barat. Tarian tersebut menggambarkan rasa kegembiraan dan rasa syukur masyarakat Minangkabau ketika musim panen telah tiba, dimana para muda mudi mengayunkan gerak langkah dengan menunjukkan kebolehan mereka dalam mempermainkan piring yang ada ditangan mereka. 
     Tarian ini diiringi lagu yang dimainkan dengan talempong dan saluan, yang dimana gerakannya dilakukan dengan cepat sambil memegang piring di telapak tangan mereka. Kadangkala piring-piring tersebut mereka lempar ke udara atau mereka menghempaskannya ke tannah dan diinjak oleh para penari tersebut dengan kaki telanjang.
     Kesenia tari piring ini dilakukan secara berpasangan maupun secara berkelompok dengan beragam gerakan yang dilakukan dengan cepat, dinamis serta diselingi bunyi piring yang berdentik yang dibawa oleh para penari tersebut. Pada awalnya sejarah tari piring ini memiliki maksud dalam pemujaan masyarakat Minangkabau terhadap Dewi Padi dan penghormatan atas hasil panen. Namun pada zaman sekarang tarian tersebut lebih seringdiadakan pada acara pernikahan. 
     Tari piring ini menjadi sangat digemari bahkan di negeri tetangga juga seperti Malaysia tari ini sering dibawakan. Di luar negeri tari piring dikenal dan disenangi karena tarian ini memiliki gerakan yang enerjik,  bersemangat, atraktif, dinamis, serta gerakan tari tersebut tidak monoton sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton Tari Piring.

Sumber : gawe dewek

0 komentar:

Poskan Komentar