Jumat, 01 Maret 2013

Ekonomi Pancasila Kalah dengan Sistem Ekonomi Global

Ekonomi Pancasila Kalah dengan Sistem Ekonomi Global

9B 36 SAIFUL RIVAI

  Sistem ekonomi yang dianut Indonesia saat ini sudah mengikuti ekonomi global. Penerapan ekonomi Indonesia juga dinilai tidak pernah melihat ekonomi Pancasila yang dahulu pernah diterapkan.

Pengamat Ekonomi Hendri Saparini mengatakan, prinsip ekonomi Pancasila adalah sebuah prinsip ekonomi bangsa Indonesia yang  mengutamakan terwujudnya cita-cita kesejahteraan yang berkeadilan sosial. Karena itu, menjadi tugas negaralah untuk menerapkan dan mengawasi atas dasar prinsip kemanusiaan.

"Namun Indonesia yang mempunyai dasar Pancasila tetapi tidak menggunakan sistem ekonomi pancasila," ujar Saparini dalam seminar Ekonomi Pancaslia sebagai Alternatif Sistem Ekonomi Indonesia dan Dunia, di Gedung Aula Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Sabtu (23/2/2013).

Di tempat sama, Profesor Universitas Brawajiya Munawar Ismail mengatakan, sistem ekonomi Pancasila saat ini belum hadir di Indonesia. Saat ini, yang ada hanyalah harapan-harapan, potongan pemikiran dan konsep yang tercecer. Sistem ekonomi yang digunakan sekarang adalah sistem ekonomi yang tidak utuh untuk membangun Indonesia menjadi negara besar.

"Prinsip ekonomi Pancasila merupakan sumbangan terbaik bagi bangsa. Sedikit banyak kebaikan yang Anda berikan kepada masyarakat dan dapat menjadi manfaat bagi mereka, itulah arti prinsip ekonomi Pancasila," tegasnya.

Dari seminar ini, pihaknya berharap bisa menghasilkan sumbangsih bagi arah pembangunan ekonomi Indonesia khususnya dan alternatif sistem ekonomi dunia.


SUMBER:OKEZONE.COM

0 komentar:

Poskan Komentar