Jumat, 01 Maret 2013

DANAU TEMPE

9H ATI KUSNIATI



DANAU TEMPE
Danau tempe merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi yang banyak dikunjungi Wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Objek Wisata Danau Tempe terletak di kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi selatan. Danau yang luasnya sekitar 13.000 hektare ini jika dilihat dari ketinggihan tampak bagaikan sebuah baskom raksasa.Danau ini menjadi sumber penghidupan, tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Wajo, tetapi juga bagi sebagian masyarakat Kabupaten Soppeng dan Sidrap. Di sepanjang tepi danau, tampak perkampungan nelayan bernuasa Bugis berjejer menghadap ke arah danau.
Suasana yang begitu khas menambah indahnya panorama Danau Tempe yang terlihat begitu menarik dan memesona sehingga tidak heran apabila para Wisatawan mengagumi objek wisata ini.
Danau Tempe adalh salh satu objek wisata penghasil ikan air tawar terbesar di dunia karena pada bagian dasar danau ini menyimpan banyak sumber makanan ikan. Selain itu, danau ini juga memiliki spesies ikan air tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Hal ini diperkirakan karena letak danau ini berada tepat di atas lempengan Benua Australia dan Asia.
Ketika melihat tengah-tengah Danau Tempe, tampak ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bebdera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, wisatawan dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di situ posisi yang sama, serta menyaksikan beragam burung, bunga-bungaan, dan rumput air yang terapung di atas permukaan air. Di malam hari, para pengunjung dapat menyaksikan indahnya rembulan yang menerangi Danau Tempe sambil memancing ikan.
Setipa tanggal 23 Agustus diadakan festival laut atau juga dikenal Maccera Tappareng (menyucikan danau) yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar