Rabu, 27 Februari 2013

Pilgub Jabar KPU Jawa Barat Umumkan Pemenang 4 Maret

DEDE MAESAROH
9C09

Pilgub Jabar KPU Jawa Barat Umumkan Pemenang 4 Maret

BANDUNG - Ketua KPU Jawa Barat (Jabar), Yayat Hidayat, menyatakan perhitungan suara secara real count setiap jam selalu berubah. Persaingan ketat dalam perolehan suara dialami pasangan calon gubernur (cagub) Ahmad Her yawan–Deddy Mizwar dan Rieke Diah Pitaloka–Teten Masduki. KPU Jabar akan mengumumkan pemenang Pe - milihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada 4 Maret 2013.

"KPU Jabar baru akan melakukan rekapitulasi suara sekaligus pengumuman resmi perhitungan suara dan mengumumkan pemenang Pilgub Jabar pada tanggal 4 Maret mendatang," kata Yayat melalui sambungan telepon, di Bandung, Senin (25/2).

Jumlah suara Pilgub Jabar yang masuk ke tim penghitungan suara KPU Jabar, hingga Senin (25/2) pukul 17.30 WIB, telah mencapai 38,9 persen atau 12,66 juta suara. Suara ter-tinggi diperoleh Cagub Ahmad Heryawan–Deddy Mizwar, yakni 3.983.413 atau 31,5 persen. Diikuti oleh perolehan suara pasangan Rieke Diah Pitaloka– Teten Masduki sebanyak 3.619.503 atau 28,6 persen.

Suara terbanyak ketiga diperoleh pasangan Dede Yusuf–Lex Laksamana sebanyak 3.193.441 atau 25,2 persen. Sementara Irianto Saifudin–Tatang F Hakim memperoleh dukungan 1.650.906 suara atau 13 persen. Di urutan buncit, Dikdik Mulyana– Cecep Toyib mendapat 215.901 suara atau 1,7 persen. Sementara itu, berdasarkan kajian dari Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), pasangan Heryawan–Mizwar unggul di sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di Jabar.

Dia hanya kalah di Kabupaten Karawang dan Majalengka oleh cagub Rieke–Teten, kalah di Kabupaten Kuningan dan Tasikmalaya oleh Cagub Dede Yusuf, serta kalah di Kabupaten Indramayu oleh cagub Irianto (Yance). Secara terpisah, Plh Ketua DPD PDI-P Jabar, TB Hasanuddin, mengatakan tim pemenangan Rieke–Teten meyakini Pilgub Jabar akan berlangsung dua putaran karena tidak ada pasangan calon yang mencapai 30 persen berdasarkan data real count internal Paten.

"Berdasarkan data real count internal pukul 06.00, Paten men - dapat 28,77 persen suara, Ahmad Heryawan–Deddy Mizwar unggul 29,55 per sen suara. Hasil real count ini mengacu pada formulir C-1 yang berasal dari teman-teman di daerah dan pastinya sangat se suai dengan hasil yang akan di peroleh KPU Jabar nanti," ujarnya. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, menuturkan seluruh rangkaian Pilkada Jabar berjalan lancar dan kini tinggal menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU Jabar. tgh/fdl/Ant/P-3


0 komentar:

Posting Komentar