Kamis, 28 Februari 2013

BERBAGAI PERISTIWA ALAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL



9H19 IZZUL ISLAMI  BERBAGAI PERISTIWA ALAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL
Peristiwa alam yang umum terjadi adalah gempa buni, banjir, letusan gunung berapi, dan angin topan. Peristiwa alam tersebutmengakibatkan bencana bagi manusia dan menimbulkan kerugian. Berikut pemaparan bencana alam tersebut:
1.       Gempa bumi
Gempa bumi terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan tanah dalam maupun permukaan bumi.gempa bumi dapat dibedakan menjadi 3 macam:
a.       Gempa bumi tektonik, adalah gempa bumi yang terjadi akibat pergeseran kulit bumi.
b.      Gempa vulkanik, terjadi karena letusan gunung berapi
c.       Gempa bumi runtuhan adalah gempa yang terjadi akibat runtuhan gua atau tambang. Kerugian akibat gempa yaitu rusaknya bangunan jalan, tanah longsor, dan korban manusia.
Daerah gempa bumi di indonesia diantaranya aceh, padang, bengkulu bagian barat sumatra pantai selatan jawa, sulawesi, kepulauan nusa tenggara, maluku dan papua.
2.       Banjir
Banjir biasa terjadi pada musim hujan. Luapan air yang melebihi batas, curah hujan yang berkepanjangan, hutan hutan yang gundul, bangunan yang menutupi tanah merupakan beberapa penyebab terjadinya banjir.
Daerah yang terkena banjir rawan timbul wabah penyakit, kegiatan perokonomian terhenti, rusaknya lahan pertaian, hanyutnya harta benda, dan endapan lumpur yang kotor.
3.       Gunung meletus
Gunung neletus terjadi karena adanya penerobosan magma dari perut bumi ke permukaan bumi. Apa yang dikeluarkan saatgunung meletus diantaranya adalah magma, pasir, abu abuan, batu batuan, dan gas panas. Adanya letusan gunung berapi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mereka harus meninggalkan harta bendanya, rumah, sawah, ladang, dan ternak. Bahan bahan letusan gunung berapi yang sudah mengendap mengandung unsur penyubur tanah. Oleh karena itu, daerah daerah yang terkena letusan gunung berapi mempunyai tanah yang subur.
4.       Angin topan
Angin topan dapat menghancurkan apa saja yang dilaluinya, pohon besar tumbang, bangunan hancur, bahkan tiang listrik juga roboh. Angin topan terjadi karena pergerakan udara yang tinggi ke tekanan udara yang rendah. Untuk menghindari bahaya angin topan, orang biasanya membuat ruang bawah tanah untuk perlindungan. Kita tidak mungkin berlindung di di bawah pohon atau di dalam rumah, karena akan membahayakan diri sendiri.


Sumber: izzul islami

0 komentar:

Poskan Komentar