Kamis, 28 Februari 2013

CIRI CIRI ORANG BERTANGGUNG JAWAB



9H19 IZZUL ISLAMI  CIRI CIRI ORANG BERTANGGUNG JAWAB
Orang yang melaksanakan kewajiban dengan kesadaran tinggi dan tidak hanya menuntut hak saja dapat dikatakan sebagai warga yang baik. Orang yang memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap kejiwaanya akan sanggup mempertanggung jawabkan perbuatanya. Sikap orang yang bertanggung jawab adalah sebagai berikut:
a.       Mau menanggung akibat perbuatanya.
Orang yang bertanggung jawab tidak akan lari dari perbuatan yang dilakukanya. Ia akanakan menghadapi sanksi atau hukumanya. Sebaliknya, orang yang tidak bertanggung jawab akan lari dari resiko yang ada, ia ia akan melemparkanya kepada orang lain, atau melakukan fitnahan pada orang lain. Perbuatan mengorbankan oranglain termasuk tindak kekerasan. Tindakan ini harus dihindari. Apapun bentuk resiko kita harus menaggungnya.  
b.      Tidak akan menyalahkan orang lain.
Pelaku perbuataqn merupakan orang pertama yang akan menanggung akibat perbuatanya yang salah. Apabila kita salah, jangan lempar batu sembunyi tangan. Hal itu tidak baik. Kita yang berbuat, maka kita yang harus mempertanggung jawabkanya.
c.       Menyadari kelemahan.
Perbuatan yang salah harus kita sadari sebagai bentuk kelemahan atau kekurangan diri kita. Mengakui kesalahan atau kelemahan merupakan perbuatan yang baik untuk melakukan kebaikan di kemudian hari.
d.      Berusaha memperbaiki diri.
Upaya untuk menciptakan keadaan menjadi lebih baik dari sebelumnya merupakan perbuatan yang baik. Orang yang bertanggung jawab akan selalu berusaha memperbaiki diri dari segala kekurangan dan kelemahan serta kesalahan.
Sumber: izzul islami

0 komentar:

Poskan Komentar