Kamis, 28 Februari 2013

PENEBANGAN HUTAN TANPA DILAKUKANYA REBOISASI TERJADI LAGI



9H19 IZZUL ISLAMI PENEBANGAN HUTAN TANPA DILAKUKANYA REBOISASI TERJADI LAGI
Penebangan pohon tanpa dilakukanya reboisasi terjadi lagi, sekarang di desa kalen suda Guwa lor. Hal ini disebabkan karena masyarakat kurang faham akan arti pentingya pohon dalam kehidupan sehari hari. Coba seandainya masyarakat tahu akan manfaat pohon  bagi kehidupan manusia sangatlah banyak, diantaranya:
1.       Pencegah banjir.
Bencana banjir terjadi karena air hujan yang tidak diserap oleh akar tanaman, sehingga air tersebut masuk ke dalam tanah, & semakin banyak air yang masuk kedalam tanah akan menimbulkan air tersebut akan beradah diatas permukaan tanah.
2.       Pencegah longsor.
Longsor juga terjadi karena sir yang tidak diserap oleh akar tanaman kemudian akan bercampur dengan tanah, & karena tanah tidak kuat menahan air yang semakin bertambah banyak, maka tanah pun menjadi longsor bersama air tersbut.
3.       Bahan baku penbuat kertas.
Pohon juga berfungsi sebagai bahan dasar pembuat kertas, khususnya pohon pinus. Coba bayangkan kalau pohon mulai susah untuk didapatkan, pasti kita juga susah untuk mencari kertas untuk belajar baik disekolah maupun di rumah.
4.       Pencegah pencemaran udara.
Pencemaran udara terjadi karena zat zat beracun (khususnya dalam bentuk gas) tidak diserap oleh tumbuhan. Untuk mengatasi pencemaran tersebut, solusinya kita tanam pohon sebanyak bayaknya. Karena pohon akan menyerap zat zat beracun tadi, dan pohon kemudian akan mengeluarkan oksigen yang berguna sangat penting unyuk kehidupan mahluk hidup di bumi.
5.       Sebagai penyeimbang sumber daya alam.
Dengan banyaknya pohon di bumi kita, kita akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya menjaga alam supaya tetap indah dan segar. Coba kalau pohon di bumi kita mulai langka, bumi kita akan terjadi pemanasan global.
Dengan memperhatikan berbagai fungsi pohon diatas, saya berharap semoga masyarakat atang pentingya pohon bagi kehidupan kita, oleh karena itu, marikita menanam banyk pohon minimal disekitar rumah kita saja dulu.
SAVE  OUR EARTH FROM GLOBAL WORMING
Sumber: Pemikiran izzul islami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar