Kamis, 28 Februari 2013

GURUH TERBESAR DIDUNIA




9H19 IZZUL  ISLAMI GURUH TERBESAR DIDUNIA
1.       GURUN SAHARA
Lokasi di Afrika utar, luasnya 8.400.000 km2 . Gurun sahara masih dihuni bangsa pengembara
2.       GURUN GOBI
Lokasi di Manchuria, Asia, luasnya 1.295.000 km2. Di Gurun gobi banyak ditemukan paleontological Gurun Gobi (Bahasa Mongolia: Говь, Govi, "separa gurun"; bahasa Cina: Gēbì (Shāmò)) ialah sebuah kawasan gurun yang besar di Asia, yang meliputi bahagian-bahagian utara dan barat laut China, dan selatan Mongolia. Lembangan-lembangan gurun Gobi bersempadan dengan Pergunungan Altai serta padang rumput dan steppe Mongolia di utara, Koridor Hexi dan Penara Tibet di barat daya, dan Dataran China Utara di tenggara. Gurun Gobi terdiri daripada berbagai-bagai kawasan ekologi dan geografi yang berasaskan variasi iklim dan topografi. Gurun ini adalah yang kelima terbesar di dunia.
3.       GURUN RUB AL-KHALI
Lokasi Saudi Arabia, luasnya 777.000 km2. Gurun ini masih belum terjemah explorasinya Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.
4.       GURUN KALAHARI
Lokasi di afrika selatan, luasnya  310.800 km2. Gurun Kalahari dihuni oleh suku hotentot dan bushmen.
5.       GURUN KARAKUM
Lokasi di uni soviet, luasnya 284.900 km2. Gurun ini banyak terdapat bekas sungai purba.
6.       GURUN THAR
Lokasi di india , luasnya 259.000 km2. Gurun ini masih sering diliwati karapan unta.
7.       GURUN NAMIB
Lokasi di Namibia, luasnya 103.600 km2. Gurun ini medanannya menempit di pesisir atlantik.
8.       GURUN DASTHI KAVIR
Lokasi di iran, luasnya 77.700 km2. Larutan garam membanjiri areal Gurun ini . Gurun Dasht-e Kavir membentang dari pegunungan Alborz di barat laut hingga gurun Dasht-e Lut di tenggara. Secara administratif Dasht-e Kavir berada dalam provinsi Khorasan, Semnan, Tehran, Isfahan, dan Yazd.
9.       GURUN MOHAVE
Lokasi di California, luasnya 38.500 km2. Gurun ini disebut gurun tak berguna yang membuah panas. gurun yang terdiri dari bagian California selatan dan bagian kecil California Utara, Utah barat daya, Nevada selatan, dan Arizona barat laut, di Amerika Serikat. Gurun ini dinamai dari suku asli Amerika, Mohave.
10.   GURUN NEGEV
Lokasi  di Israel, luasnya 12.173 km2. Di padang gurun ini dibangun Ben-Gurion University of the Negev, dengan sejumlah jurusan pendidikan yang meliputi Jacob Blaustein Institutes for Desert Research dan Albert Katz International School for Desert Studies, semua terletak di lokasi kampus Midreshet Ben-Gurion dekat Sde Boker.
                                                            
Sumber: buku izzul islami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar