Kamis, 28 Februari 2013

MANFAAT BIOTEKNOLOGI


 9I07 DIANA LUPITASARI

Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan mahluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa guna kepentingan manusia.ilmu-ilmu pendukung dalam bioteknologi meliputimikrobiologi,biokimia,genetika,biologi sel,teknik kimia,dan enzimologi.dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan.
Bioteknologi dapat digolongkan menjadi bioteknologi konvensional dan modern.
mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan,proses yang dibantu mikroorganisme misalnya fermentasi,hasilnya :tempe,tape,kecap dan sebagainya,keren kan???ciri khas yang tampak pada biologi konvensional yaitu adanya penggunaan mahluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim.
1.Pengolahan bahan makanan.
a. Pengolahan produk susu
       susu dapat di olah menjadi bentuk-bentuk baru,seperti yoghurt,keju dan mentega.
     1.Yoghurt
         mikroorganisme yang berperan adalah Lactobacillusbulgaricus dan Streptococus thermophillus.
     2.Keju
          dalam pembuatan keju di gunakan bakteri asam laktat,yaitu Lactobacillus dan Streptococcus.bakteri tersebut berfungsi memfermentasikan laktosa dalam susu menjadi asam laktat.
    3.Mentega
        pembuatan mentega menggunakan mikroorganisme Stretococcus lactis dan Lectonostoceremoris.bakteri-bakteri tersebut membentuk  proses pengasaman.selanjutnya susu di beri cita rasa tertentu dan lemak mentega dipisahkan.kemudian lemak mentega di aduk untuk menghasilkan mentega yang dimakan.
b.Produk non susu
1.kecap 
  dalam pembuatan kecap,jamur,Aspergilus oryzae bersama-sam dengan bakteri asam laktat yang tumbuh pada kedelai yang telah di masak menghancurkan cmpuran gndum setelah di proses fermentasi  karbohidrat berlangsung cukup lama akhirnya dihasilkan produk kecap.
2.Tempe
   tempe kadang di anggap sebgai bahan makanan masyarakat golongan menengah ke bawah,sehingga masyarakat merasa gengsi memesukan tempe sebagai salah satu menu makanannya.akan tetapi,setelah di ketahui manfaatnya bagi kesehatan,tempe mulai banyak di cari dan digemari masyarakatdalam maupun luar negri.jenis tempe sebenarnya sangat beragam,bergantung pada bahan dasarnya,nmun yang paling luas penyebarannya pada tempe kedelai.
tempe mempunyai nilai gizi yang baik .di samping itu tempe mempunyai beberapa kasiat seperti dapat mencegah dan mengendalikan diare.
itu lah beberapa contoh manfaat adanya bioteknologi yang sangat menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar