Kamis, 14 Februari 2013

Perempuan Afghanistan Dilatih Jadi Pasukan Khusus

9E15 Koriah


KABUL - Angkatan Darat Afghanistan melatih perempuan mereka untuk menjadi bagian dari pasukan khusus. Nantinya, perempuan yang lulus sebagai anggota pasukan khusus ini akan turut serta dalam operasi penyergapan di malam hari.

Keputusan ini menjadi sebuah terobosan dari tradisi Afghanistan yang dikenal konservatif. Tetapi, pada dasarnya, masuknya perempuan dalam tubuh militer Afghanistan bisa menjadi bantuan yang amat besar mengingat Afghanistan akan ditinggal oleh pasukan Amerika Serikat (AS) pada 2014 mendatang. Selama ini, pasukan AS lah yang berperan besar dalam menjaga keamanan di Afghanistan.

"Jika pria bisa turut serta dalam tugas ini, mengapa perempuan tidak," ujar seorang prajurit perempuan Afghanistan, Lena Abdali, seperti dikutip Associated Press, Jumat (15/2/2013).

Operasi penggerebekan di malam hari terus menjadi isu kontroversial yang diutarakan oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Karzai menolak keras pasukan asing mendobrak masuk ke rumah warga Afghanistan. Padahal, pasukan AS dan sekutunya mengatakan, operasi penggerebekan amat penting untuk menangkap komanda Taliban.

Tetapi penggerebekan menjadi masalah di kalangan warga Afghanistan, khususnya untuk perempuan. Warga Afghanistan menolak keras pasukan pria yang menggeledah perempuan Afghanistan. Keberatan ini serupa dengan menyentuh Al Quran milik keluarga atau memasuki rumah tanpa ada izin. 

Hal yang mengundang kemarahan warga adalah, tidak adanya keleluasaan dan penghinaan atas tradisi. Pada umumnya, perempuan dan anak-anak Afghanistan berada di dalam rumah saat penggerebekan berlangsung.

Kini, peran perempuan dalam pasukan khusus menjadi saat penting. Tugas mereka termasuk mengumpulkan perempuan dan anak-anak serta membawa mereka ke tempat aman. Pada saat bersamaan mereka bisa menjadi penjaga dari perempuan yang menjadi pelaku pembunuhan bom bunuh diri atau pria yang menyamar sebagai perempuan untuk melakukan pengeboman.

Misi yang dilakukan oleh para perempuan Afghanistan ini makin penting. Pemerintah Afghanistan dan pasukan AS terus meningkatkan pelatihan terhadap mereka. Kini, pasukan perempuan Afghanistan menjadi bagian penting dari pasukan keamanan Afghanistan.
Sumber: okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar