Kamis, 14 Februari 2013

JAHE SI PENGHANGAT TUBUH

9C14 GHINA ATHIYAH





     Jahe merupakan tanaman yang tumbuhnya merumpun. Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, jahe bisa menghangatkan tubuh dan menyegarkan kembali badan kita. Selain itu, jahe juga bisa dijadikan rempah-rempah untuk memasak berbagai jenis makanan yang lezat.
     Jahe juga memiliki bau khas yang berbeda dari tanaman rimpang lain. Jahe juga terdiri dari 3 jenis jahe yaitu :
- Jahe putih/kuning besar
- Jahe merah 
- Jahe emprit
Rimpang jahe berguna untuk mengobati penyakit encok dan sakit kepala. 
    Pengolahan jahe untuk dibuat obat itu cukup mudah. Ada yang membakar nya, langsung memakan nya dan ada pula yang membuat nya menjadi Wedang jahe, caranya : geprek jahe agak kasar, masukan jahe diair mendidih, tambahkan gula aren, dan tunggu sampai benar-benar mendidih dan siap disajikan. Tetapi apabila dipembuatan wedang jahe ini terlalu banyak jahe bisa menimbulkan rasa yang cukup pedas. Ada juga yang mengolah jahe dengan membuat permen jahe.
     Biasanya olahan-olahan dari jahe ini biasanya dicari orang pada saat musim-musim penghujan atau pada saat cuaca dingin. Karena, banyak orang yang mencari kehangatan untuk tubuhnya dengan memakan atau meminum olahan jahe. Biasanya olahan wedang  jahe juga diminum untuk makan roti, ubi, dsb. Selain itu bajigur, bandrek, wedang ronde, sekoteng, dsb. Termasuk olahan minuman dari jahe.

0 komentar:

Posting Komentar