Selasa, 26 Februari 2013

MEDIA CETAK DI INDONESIA SAAT INI


9H11 DIAN PAWAKA
MEDIA CETAK DI INDONESIA SAAT INI

Apakah yang dimaksud dengan media cetak nasional?
Yang disebut sebagai media cetak nasional adalah koran, majalah, tabloid bulletin, jurnal dan news letter yang beredar secara nasional. Umumnya media cetak nasional terbit di Jakata, namun ada juga yang terbit di daerah. Misalnya saja Kompas, Media Indonesia, Tempo, Femina, Nova, Horison (nasional terbit di Jakarta). Media cetak nasional yang terbit di daerah antara lain majalah kebudayaan, Basis yang terbit di Yogyakarta.

Apakah yang disebut sebagai media cetak daerah?
Yang disebut sebagai media cetak daerah adalah koran, majalah, tabloid, bulletin, dam news letter yang beredar secara terbatas di sekitar lokasi terbitnya. Biasanya media cetak daerah terbit di kota provinsi  atau kabupaten. Misalnya koran Pikiran Rakyat di Bandung, Suara Merdeka di Semarang, Kedaulatan Rakyat di Yogyakarta dan Jawa Post di Surabaya. Meskipun terbit di Jakarta, Koran Pos Kota, Lampu Merah, Warta Kota dan lain-lain, tidak bisa dikategorikan sebagai koran nasional . Sebab peredarannya hanya sebatas di sekitar Jabotabek.

Bentuk tulisan apa sajakah yang dimuat oleh  media cetak umum di Indonesia?
Media cetak umum biasanya  memuat berita (news). Baik berita langsung, berita pendek, berita pendapat, maupun news story, new features dan lain-lain. Selain berita, media cetak umum juga memuat features, reportase, artikel, opini, esai, cerpen, puisi, cerita bersambung, resep makanan, rubrik jodoh dan lain-lain.

Materi apa sajakah yang dimuat oleh media cetak umum di Indonesia?
Yang menjadi headline media cetak umum bisa apa saja. Mulai dari masalah politik, ekonomi, budaya, kriminalitas,olahraga dan  lain-lain. Selain itu, media cetak umum juga menyediakan halaman yang secara tetap diisi oleh materi tertentu yang disebut rubrik. Misalnya rubrik olahraga, rubrik wanita, rubrik opini dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar