Selasa, 12 Februari 2013

Cara Merawat Wajah Berjerawat/Berminyak Secara Tradisional

9A01 AGUNG PURNOMO


Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak – Penyakit jerawat  biasa terjadi pada remaja muda terutama remaja wanita. Jerawat ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun bagi yang mempunyai jerawat biasanya akan risih atau malu saat wajahnya terdapat jerawat yang mengakibatkan tidak percaya diri di depan teman-teman sepergaulan maupun sang pacar sendiri.

Memang bagi para remaja jerawat akan mudah muncul terutama mereka yang jarang merawat dan membersihkan kulit wajahnya. Perawatan sendiri sebenarnya ada banyak cara dari perawatan ringan sendiri sampai perawatan yang mahal misalnya pergi ke salon kecantikan. Intinya agar tidak tumbuh jerawat di wajah yaitu selalu menjaga kebersihan dan mengurangi kadar minyak yang dikeluarkan dari kulit wajah.


Penyebab tumbuhnya jerawat:
Ada berbagai penyebab mengapa jerawat bisa muncul di wajah, antara lain.

Kurang keluar keringat, dengan berolahraga ringan, maka kemungkinan munculnya jerawat dan komedo bisa dikurangi, karena dengan berolahraga, suhu tubuh meningkat sehingga membuka-pori-pori kulit dan secara tidak langsung minyak dan lemak akan keluar.
Pengaruh alkohol yang ada dalam kosmetik. Sebagian besar kosmetik terutama pembersih wajah biasanya mengandung alkohol, ini bertujuan memberikan efek rasa dingin di wajah dan kulit, namun untuk kulit kering malah akan menambah kekeringan.
Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kacang-kacangan
Kulit muka yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, karena terjadi penumpukan kotoran sehingga keringat/lemak tidak bisa keluar dari pori-pori kulit.
Tangan yang terlalu sering menyentuh wajah juga bisa mengakibatkan munculnya jerawat, karena bisa saja, tanpa disadari tangan kita mengandung kuman, mengusap-usap wajah sehingga muncul luka yang secara tidak langsung juga menimbulkan infeksi pada jearwat.
Jenis Kulit berminyak lebih beresiko terhadap munculnya jerawat karena, kandungan minyak diwajah terus menerus keluar dan menutupi pori-pori kulit. Kandungan minyak lebih mudah membuat debu menempel pada muka, Karena itu disarankan untuk Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak pada wajah harus sering-sering membersihkan wajah.


Merawat wajah berjerawat secara tradisional.

Perawatan kulit wajah, sebenarnya bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu memakai jasa salon kecantikan terlebih Anda yang memiliki keuangan terbatas, namun perlu ketelatenan anda kaum wanita untuk mengerjakannya secara rutin. Dan banyak resep warisan nenek moyang yang bisa kita ikuti. Cara merawat kulit muka terutama yang berjerawat ada dua macam. Yang pertama pembersihan diikuti oleh penyegaran dan perawatan dengan memakai bedak dingin.

Perawatan wajah berjerawat pertama

Kalau akan tidur setidaknya wajah kita di gosok-gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Atau anda bisa memblendernya lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk mengambil air perasannya. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik lagi.

Paginya saat sudah bangun tidur kita mncari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan air ketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut.  air es atau air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.

Perawatan kedua :

Cara perawatan kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin sudah terkenal jaman dahulu, terutama oleh gadis-gadis Melayu. Di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi.  Tidak peduli siang ataupun malam, tujuannya selain untuk melembutkan dan memutihkan wajah juga untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Bedak dingin bentuknya ada dua macam yaitu bulat-bulat seperti telur cecak kecil-kecil sedangkan satunya masih merupakan tepung. Untuk cara memakainya bagi yang berbentuk seperti telur cecak ambil dua butir diremas-remas dengan air sedikit kemudian dibedakkan pada kulit muka kalau mau tidur. Bagi bedak yang merupakan tepung ambil setengah sendok teh kecil juga dicampur sedikit air dibedakkan pada kulit muka hingga merata saat hendak tidur. Rasanya pada kulit muka segar, dingin berbau sedap dan harum, karena dari ramuan tradisional. Paginya kulit muka dicuci dengan air biasa.


Sumber : julak-net

0 komentar:

Posting Komentar