Selasa, 26 Februari 2013

Real Count KPU Jabar Tidak akan Sampai 100 Persen Suara

9B12 GIAN RAJU HIDAYATULLAH


Bandung - KPU Jabar akan tetap meneruskan real count yang tengah dilakukan. Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat memastikan hasil real count akan sama dengan rekapitulasi manual yang dilakukan. Namun menghindari polemik, penghitungan real count tidak akan sampai 100 persen.

Hal itu menanggapi desakan dari parpol pengusung Dede Yusuf-Lex Laksamana yang meminta KPU Jabar menutup hasil real count.

"Real count ini inisiatif kita untuk menjawab rasa penasaran masyarakat yang ingin tahu lebih cepat siapa pemenang pilgub. Ini akan tetap dilakukan," kata Yayat di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (26/2/2013).

Menurutnya hasil real count dipastikan akan sama dengan hasil rekapitulasi KPU pada 3 Maret nanti. Sebab keduanya sama-sama menggunakan formulir C1 atau yang berisi rekapitulasi raihan suara di TPS.

"Ini hasilnya akan sama persis dengan rekapitulasi KPU," tegas Yayat. Tapi untuk menghindari polemik, KPU tidak akan menampilkan hasil real count hingga 100 persen.

"Sejak awal, kita memang merencanakan real count ini, tapi hasilnya tidak akan sampai 100 persen dan akan ditutup sebelum 3 Maret," jelas Yayat.

Ia mengatakan, pemenang pilgub baru bisa diketahui nanti setelah rekapitulasi di KPU Jabar. Sedangkan real count hanya gambaran saja. "Jadi nanti yang valid itu yang hasil rekapitulasi," cetusnya.

Yayat menambahkan, real count digarap tim khusus. Penggarapan datanya dilakukan di Kantor KPU Jabar yang berasal dari raihan suara di tingkat PPK.

"Jadi dari TPS itu hasilnya dilaporkan ke PPS, dari PPS kemudian ke PPK, nah dari PPK dilaporkan ke kita hasilnya, baru dihitung sebagai hasil real count," pungkas Yayat.

Sumber: detikBandung

0 komentar:

Posting Komentar