Selasa, 26 Februari 2013

Mobil dengan Koneksi 4G LTE Meluncur Tahun Depan


109iELAWATI

Mobil dengan Koneksi 4G LTE Meluncur Tahun Depan

e:
Sumber : GM | Author : -
Kelebihan koneksi 4G LTE digunakan pada mobil

Bercelona, KompasOtomotif – Fasilitas koneksi 4G LTE, sebentar lagi bukan hanya milik gadget atau smartphone (ponsel pintar) terkini. Mobil-mobil sebentar lagi (tahun depan), begitu keluar dari pabrik sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas “mobile” mutakhir ini.   
Dengan cara ini, pemilik mobil tidak perlu lagi menggunakan ponsel pintar atau tablet untuk berselancar di dunia maya, berkomunikasi dengan sejawat atau keluarga atau mencari  berbagai informasi serta hiburan langsung saat melakukan perjalanan.
 
Perusahaan mobil yang sudah mengumumkan untuk memasang langsung teknologi komunikasi 4G LTE pada mobil adalah General Motors (GM). Hal tersebut diumumkan GM kemarin dalam acara  “World Mobile Congress” yang berlangsung saat ini Barcelona, Spanyol.
 
Merek yang akan dilengkapi dengan fasilitas 4G LTE adalah Chevrolet, Buick, GMC dan Cadillac. Hebatnya, sudah dipasang pada produk yang dibuat tahun depan, khusus untuk dijual di Amerika Serikat dan Kanada. Mitra kerja sama GM sebagai provider adalah AT&T.   
 
10 x lebih cepat
Dengan menggunakan koneksi 4G LTE, kecepatan internet pada mobil produksi GM nantinya 10 kali lebih cepat dari teknologi 3G yang digunakan sekarang ini. Dikatakan pula, data dan suara yang diterima dan dikirim secara bersamaan, melaju dengan stabil. Mobil tidak lagi hanya sebagai alat transportasi, juga menjadi alat komunikasi dan sarana hiburan.  
 
Keuntungan lain, 4G LTE juga bisa digunakan sebagai hot spot Wi-Fi untuk “streaming” video buat penumpang belakang, “update” informasi langsung dan mengunduh app dengan lebih cepat. 
 
Menyatu 
Struktur 4G LTE ini dirancang khusus, menyatu dengan sistem elektronik dan kelistrikan mobil. Termasuk penggunaan antena luar untuk memaksimalkan penerimaan sinyal (coverage) dan konektivitas. Pemilik mobil juga bisa menghubungkan ponsel pintar dan gadgetnya ke mobil.

Ditambahkan, dengan makin banyak aplikasi untuk 4G LTE, membuat kendaraan bisa berintegrasi langsung dengan lingkungannya dengan aman, efisien, membuat pengemudi dan penumpang bertambah senang.
 
Pasalnya, sistem juga bisa digunakan untuk mendapat informasi langsung tentang lalu lintas terkini, termasuk sistem navigasi yang terus diperbarui.
 
Bahkan, penggunakan bisa memanfaatkan penyimpanan data di awan (cloud) yang banyak ditawarkan oleh berbagai provider sekarang ini. Berarti, bekerja semakin gampang dan tidak harus selalu dilakukan di kantor!   
Editor : Zulkifli BJ

0 komentar:

Posting Komentar