Selasa, 26 Februari 2013

GANTI KURIKULUM PENDIDIKAN

9I06 AFRILIYENI

Ganti Kurikulum Pendidikan
     Ujian Nasional menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Misalnya, hanya dengan ujian itu, banyak siswa yang dulunya berpresyasi malah tidak lulus. Pelaksanaan ujian pun masih diselimuti dengan unsur birokrtisme, contohnya terjadi pembocoron soal. 
     Munculnya pro dan kontra karena, kebiasaan pemerintah cepat gonta-ganti kurikulum yang menyebabkan ketidaksiapan siswa. 
     Dan banyaknya siswa yang tidak mengakses pendidikan karena biaya. Siswa tidak lagi mengorientasikan pengembamgan ilmu pengetahuan, tetapi lebih mengutamakan kelulusan entah bagaimanapun caranya.
     Jika menginginkan perbaikan pendidikan yang berkualitas, pemerintah harus merombak kurikulum baru yang membebaskan, yaitu kurikulum yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan nalar.
     Kata Bung Karno, ' untuk mengubah suatu bangsa, maka ubahlah sistem pendidikannya. Karena pendidikan adalah tiang untuk kekokohan bangsa'.
     Menurut saya, selama ini anak didik hanya sebatas eksperimen kebijakan yang dibuat. Apalagi berita-berita yang kita baca atau dengar mengenai UN adalah keterlambatan distribusi soal, jumlah kelulusan, jumlah siswa tidak lulus, kebocoran soal, dan sebagainya.
Sumber : Olih Nulis Dewek

0 komentar:

Posting Komentar