Selasa, 12 Februari 2013

Awas jajanan berzat bahaya beredar di sekolah

 9i10Elawati

Awas Jajanan Berzat Bahaya Beredar di Sekolah 

ilustrasi makanan beracun
ilustrasi makanan beracun
PROBOLINGGO- Bagi Anda yang memiliki anak masih sekolah, sebaiknya waspada terhadap penjualan makanan yang beredar di sekolah.

Pasalnya, hasil sidak yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo menemukan sejumlah makanan diduga menggunakan bahan berbahaya. Untuk membuktikannya, petugas bahkan membawa makanan tersebut ke laboratorium.

Sidak jajanan atau makanan sekolah itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Probolinggo ke sejumlah sekolah yang ada di kota itu, Rabu (13/2/2013).

Sekira enam petugas dinas kesehatan setempat mengambil beberapa sampel makanan yang diduga mengandung zat kima.

Dari tiga tempat melakukan sidak  seperti di SDN Tisnonegaran 1, SDN Sukabumi 2, dan Sekolah Taman Siswa, petugas membawa beberapa sampele makanan seperti balado, caos bakso, pentol kanji, dan es warna warni.

Petugas membawa sampel makanan tersebut karena disinyalir dari keempat makanan tersebut mengandung zat  kimia seperti formalin, borax rodamin b, dan methinyl yellow.

Kasi Penyehatan Lingkungan Dinkes Kota Probolinggo, Sena Setiaji, mengatakan, berdasarkan penglihatan kasat mata warna dari makanan tersebut terlihat sangat cerah, terang, dan berbeda jika menggunakan pewarna alamiah.

Zat zat  berbahaya tersebut bila dikonsumsi akan mengakibatkan iritasi usus dan bila dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan syok dan berujung pada kematian.

Mouldy, salah seorang siswa, mengatakan, meski mengetahui makanan tersebut berbahaya, dirinya tetap mengonsumsinya karena makanan tersebut merasa enak, manis, dan gurih.

Sena menambahkan, bila terbukti penjual menggunakan zat kimia, petugas akan membina penjual dan bila tidak menghiraukan petugas akan langsung  memberikan teguran dan sanksi tegas.
(Sindo TV / Hana Purwadi / kem)
 
sumber : .okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar