Rabu, 27 Februari 2013

9D 25 NIA NIHAYATUL KHAROMAH
Pilgub Rawan Pelanggaran, Panwaslu Jateng Kerahkan 10.600 Pengawas
Muchus Budi R. - detikNews
Solo - Panwaslu Jateng akan mengerahkan pengawas pelaksanaan Pilgub Jateng dalam jumlah yang cukup besar mengingat tingginya potensi pelanggaran. Jumlah yang telah dipersiapkan adalah 10.600 orang yang akan mengawasi pelaksanaan Pilgub hingga di pelosok pedesaan.

"Jumlah personel pengawas yang kami kerahkan memang terbilang besar, ada 10.600 orang. Tetapi ini sesuai dengan tingginya potensi pelanggaran yang ada pada Pilgub yang akan digelar 23 Mei mendatang," ujar anggota Bawaslu Jateng Kelembagaan dan SDM, Juhana, kepada wartawan di Solo, Kamis (28/2/2013).

10.600 personel yang dipersiapkan itu meliputi unsur Bawaslu provinsi, Panwaslu kabupaten/kota, Panwas kecamatan, hingga personel yang bertugas di tingkat pelaksanaan yang disebar di setiap desa/kelurahan di Jateng. Mereka bekerja dari tahapan awal berupa pemutakhiran data pemilih, pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, sampai penghitungan suara.

"Para pengawas itu sudah mulai bekerja. Di antaranya sebagian besar dari mereka saat ini mengawal tahapan pemutakhiran daftar pemilih," ujarnya.

Lebih lanjut, Juhana mengatakan, potensi pelanggaran Pilgub Jateng akan cukup tinggi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor kemungkinan petahana atau incumbent akan kembali mencalonkan diri. Selain itu juga dimungkinan ada pejabat birokrasi yang juga akan mencalonkan diri.

"Kami akan memperketat pengawasan, terutama terkait netralitas PNS. Selain itu pastinya kami juga akan menggandeng banyak kalangan, termasuk masyarakat luas, untuk membantu menciptakan Pilgub yang bersih dan aman," ujarnya.

Hingga saat ini memang belum ada satupun nama yang mencalonkan diri sebagi gubernur ataupun wakil gubernur. Namun sebelumnya yang telah menyatakan akan mendaftar di antaranya adalah Bibit Waluyo yang saat ini menjabat gubernur, Rustriningsih yang saat ini menjabat wakil gubernur, dan Hadi Prabowo yang saat ini menjabat Sekda Pemprov Jateng.

0 komentar:

Posting Komentar