Rabu, 27 Februari 2013

TIPS MENGATASI RASA MALAS DAN BOSAN PADA SAAT BELAJAR

9B34 SITI MAESAROH


Sebagai seorang pelajar, kewajiban utama kita adalah belajar, untuk menggapai cita-cita setinggi-tingginya kita harus rajin belajar serta berdo'a, tetapi dibalik itu pasti kita pernah merasakan malas belajar, entah karena capek, lingkungan yang tidak mendukung atau ingin bermain terus, maka kita harus mengatasi rasa malas itu dengan cara seperti berikut:

1.Niat Senang
kalau kita sedang malas, kita harus bersugesti bahwa belajar itu menyenangkan, Tapi kalau kita sudah tidak senang maka apa yang kita pelajari itu tidak akan menyenangkan dan akan membuat kita semakin malas.
2.Berpindah-pindah Tempat
biasanya kalau kita belajar hanya di satu ruangan lama-kelamaan merasa bosan dan malas, sebaiknya kalau kita sudah malas berpindahlah tempat untuk mencari suasana yang baru.
3. Istirahat Sejenak
Jika kita sudah belajar terlalu lama, malas dan tidak mood akan terasa, rasa itu kita hilangkan dengan cara isturahat sejenak untuk minum, mendengarkan musik ataupun sekedar duduk.
4. Ganti Pelajaran
Malas belajar juga bisa disebabkan oleh sulitnya memahami pelajaran tersebut, jika sudah begitu sangat sulit untuk memahami dan mengetahui maksudnya, sebaiknya ganti mata pelajaran dengan materi yang lebih mudah atau lebih menyenangkan.
5. Berpindah Posisi
Belajar terlalu lama membuat kita gerah,cara mengatasinya dengan berganti-ganti posisi,contoh: awalnya kita duduk di kursi lalu kita berdiri atau duduk di lantai asalkan jangan belajar dengan posisi tiduran atau tengkurap karena sangat memungkinkan untuk mengantuk dan ketiduran.

Sumber : masadi.com

0 komentar:

Posting Komentar