Senin, 11 Februari 2013

Teleskop Hubble Tangkap Objek Galaksi Berkilau

9E17 MAR'ATUS SHOLIKHAH

CALIFORNIA - Sebuah objek luar angkasa yang merupakan galaksi spiral ESO 121-6, telah ditangkap oleh teleskop luar angkasa Hubble milik National Aeronautics and Space Administration (NASA). Galaksi spiral ini berada di konstelasi atau rasi bintang bagian selatan, Pictor.

Dilansir Spacedaily, Senin (11/2/2013), objek galaksi spiral ini menampakkan hampir seluruh bagian sisi dengan struktur rumit. Ilmuwan dapat menentukan ukuran panjang galaksi, termasuk mengetahui intensitas cahaya dari tonjolan pusat serta daerah bintang muda.

Pada objek yang diabadikan teleskop tersebut, ilmuwan dapat menganalisis dan menemukan sulur atau pucuk debu gelap yang berada di bagian tepi. Debu gelap ini sebagian menutupi pusat terang galaksi dan keluar menuju bintang pada bagian ujungnya.

Sejumlah bintang dan galaksi dapat terlihat persis noda-noda kecil di langit sekitarnya. Selain itu, bintang-bintang terang yang berkilau menonjol ke bagian kiri bawah gambar.

ESO 121-6 dikatakan sebagai galaksi yang tidak merata, memiliki "lengan" longgar dan tonjolan pusat yang relatif lemah. Ini merupakan sekelompok galaksi, yang tidak lebih dari 50 struktur serupa yang terikat satu sama lain oleh gravitasi.

Milky Way atau Bima Sakti juga merupakan anggota dari kelompok galaksi, yang dikenal sebagai Local Group (Kelompok Lokal). Gambar tersebut ditangkap oleh teleskop Hubble yang berada di ketinggian orbit 354 mil (569 kilometer). (fmh)

                                                                                                            OKEZONE.COM

0 komentar:

Posting Komentar