Kamis, 28 Februari 2013

tahun 2011 populasi manusia sebanyak 7 miliar


Tahun 2011 Populasi Manusia Sebanyak 7 Miliar

9g37 Tri Ananda Meilany
Tujuh miliar, angka yang teramat besar untuk menggambarkan jumlah manusia yang ada di bumi ini. Namun, berdasarkan hasil penelitian, populasi manusia di seluruh dunia mencapai 7 miliar orang ditahun 2011. Bahkan jumlah tersebut kemungkinan besar akan terus meningkat dan bertambah sebesar 2,3 miliar ditahun 2050.
Disepanjang sejarah manusia sendiri, populasi dunia umumnya tumbuh lambat. Sebagai gambaran, ditahun 1850, jumlah manusia baru ada 1 miliar orang. Namun demikian, dalam separuh abad terakhir, populasi telah melonjak dari 3 miliar menjadi 7 miliar. Peningkatan jumlah manusia tersebut tentu saja akan mengakibatkan beragam masalah dan salah satunya adalah akan menghadirkan pergolakan demografi yang belum pernah terjadi sebelumnya.
David Bloom, profesor ekonomi dan demografi dari Harvard University, dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal science menyebutkan bahwa pada tahun 2050, hampir seluruh dari 2,3 miliar manusia baru itu akan tinggal di kawasan yang kurang berkembang dan hampir separuhnya tinggal di Afrik. Kemudian menurut Bloom, hal yang sebaliknya akan terjadi di negara-negara maju populasi manusia akan tetap dan bahkan usianya akan menua. Manusia dewasa berusia produktif akan semakin berkurang untuk mendukung kehidupan para pensiunan.
Wah... sungguh tidak terbayang ya jika jumlah manusia di bumi mencapai angka-angka di atas. Di era globalisasi, masalah demografi tersebut tentu saja menjadi tantangan yang berat bagi negara-negara di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar