Selasa, 26 Februari 2013

Suzuki berencana ikut tes pasca-lomba di Barcelona



 
 DIAH PRIHATNI 9C 10
KOMPAS.com - Suzuki memperlihatkan keseriusan mereka untuk kembali bertarung di ajang MotoGP 2014. Menurut rencana, tim Jepang ini akan melakukan uji coba mesin MotoGP baru mereka dalam tes pasca-lomba di Catalunya.

Uji coba tersebut akan berlangsung pada pertengahan Juni nanti. Ini akan menjadi penampilan pertama Suzuki untuk bersaing dengan Honda, Yamaha dan Ducati, sejak balapan di Valencia 2011, sebelum mereka mengumumkan mundur dari MotoGP akibat krisis keuangan.

Nah, setelah hampir dua tahun absen di ajang balapan motor paling bergengsi ini, Suzuki berencana untuk kembali lagi. Mereka bakal tampil denga motor desain baru untuk MotoGP 2014.

Mantan juara grand prix yang kini menjadi test rider Suzuki, Nobuatsu Aoki, menceritakan tentang rencana terbaru Suzuki itu, ketika dia berkunjung ke Sepang, Malaysia, Sselasa (26/2/2013). Dia tengah melakukan observasi uji coba MotoGP.

"Kami sedang berjalan sesuai rencana," ujar Aoki kepada Crash.net. "Pekan lalu kami meluncurkan sepeda motor versi baru yang tampil cukup bagus.

"Kami senang dengan sasis dan mesin, tetapi kami masih perlu melakukan perbaikan pada beberapa hal kecil. Kami sudah melakukan uji coba di Motegi dan hampir setiap minggu di trek uji coba privat Suzuki.

"Rencananya adalah ikut ambil bagian dalam uji coba pasca-lomba di Barcelona, bersama tim-tim lainnya. Saya akan mengendarai motor baru itu saat uji coba dan juga seorang pebalap Eropa."

Aoki menolak untuk mengungkapkan siapa pebalap Eropa itu, atau manajer tim yang potensial, untuk menjalankan proyek baru Suzuki. Tetapi dia memberikan konfirmasi bahwa Suzuki berencana untuk memakai dua pebalap, dan patuh pada aturan MSMA - termasuk menggunakan perangkat lunak elektronik dari MSMA - bersama Honda, Yamaha dan Ducati.

Sementara itu, Dorna sudah memberikan indikasi bahwa Suzuki harus membeli grid dari tim yang sudah ada sekarang. Dorna beralasan, kebijakan tersebut untuk menyelamatkan tim-tim yang tetap setia tampil di MotoGP selama terjadi krisis ekonomi global.
 
SUMBER : KOMPAS.COM

0 komentar:

Posting Komentar