Rabu, 27 Februari 2013

STOP GLOBAL WARMING


9F16 KARINA RAHMI MAULIDYA
Pemanasan global dan perubahan iklim menyebabkan terjadinya kenaikan suhu, mencairnya es di kutub, meningkatnya permukaan laut, bergesernya garis pantai, musim kemarau yang berkepanjangan, periode musim hujan yang semakin singkat, namun semakin tinggi intensitasnya, dan anomali iklim seperti El nino - La nina dan Indian Ocean Dipole (IOD). Hal-hal ini kemudian akan menyebabkan tenggelamnya beberapa pulau dan berkurangnya luas daratan, pengungsian besar-besaran, gagal panen, krisis pangan, banjir, wabah penyakit, dan lain-lainnya yang mungkin akan datang silih berganti.

Untuk mengurangi pemanasan global, ada beberapa cara mudah yang biasa kita lakukan , yaitu ;

Matikan listrik.  Jika tidakdigunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger handphone dari stop kontak. Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang besaremisi.

Ganti bohlam lampu ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrikdan awet.

Bersihkan lampu (debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%).

Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24 derajat C).

Gunakan timer (untuk AC, microwave, oven, magic jar, dan sebagainya).

Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.

Tanam pohon di lingkungan sekitarAnda.

Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.

Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi polusi udara).

Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).

Say no to plastic. Hampir semua sampah plastik menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapatmembantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.

Sebarkan berita ini kepada orang-orang disekitar Anda, agar mereka turut berperan serta dalam menyelamatkan bumi. SAVE YOUR EARTH. (Sayyid Kutub Alfaruq)

SUMBER : PANTONA NEWS

0 komentar:

Posting Komentar