Selasa, 26 Februari 2013

Pilgub Jabar masih mungkin berlangsung dua putaran

 
9f27 RISNAWATI



Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 masih mungkin berlangsung dua putaran. Merujuk pada hasil real count KPU Jabar, kedua pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki masih bersaing.

"Meski cukup sulit, tapi persentase 1 dan 2 sangat mungkin terjadi perubahan sehingga masih bisa saja berlangsung dua putaran," kata Kepala Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (P2KS) Universitas Padjajaran (Unpad) Toni Toharudin di Bandung, Selasa (26/2).

Hasil Hitung Suara KPU Jabar sendiri hingga siang ini menempatkan Aher-Deddy di urutan nomor satu dengan persentase 31,7 persen atau 4,8 juta suara.

Sedangkan Rieke-Teten masih terus menguntit di urutan nomor dua dengan persentase 28,6 persen. Adapun jumlah suaranya adalah 4,3 juta.

Jumlah yang masuk itu sudah 75 persen persentase yang masuk atau sekira 56 ribu dari 74 ribu TPS yang ada di 26 kab/kota di Jawa Barat. Penghitungan masih bergulir hingga KPU merilisnya 3 Maret mendatang.

Dalam ketentuan KPU Jabar sendiri calon dinyatakan menang jika sudah mengantongi 30 persen plus satu.

Dia menambahkan tiga calon yang lainnya untuk meraih suara dengan angka yang cukup signifikan masih dinyatakan berat. Persaingan sepertinya akan menjadi pasangan nomor urut 4 dan 5.

"Meski berat nomor urut 4 untuk menjadi 30 persen, tapi masih memungkinkan," ungkapnya.

Dalam penghitungan yang ada pemilih yang masuk dari 32 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah masuk 15 juta suara.


SUMBER: MERDEKA.COM

0 komentar:

Posting Komentar