Kamis, 14 Februari 2013

PEMBENTUKAN WATAK ANAK DIMULAI PADA USIA GOLDEN AGE

9E14 KHALEDA HADINI
Pola pengasuhan yang tepat tentunya juga bisa berdampak positif pada karakter anak. Mengingat karakter atau watak menjadi penilaian seseorang akan perbuatannya di tengah masyarakat, maka menanamkan nilai positif sejak dini jadi pekerjaan yang perlu dilakukan orangtua.
Guna menyukseskan pembentukan karakter anak yang positif, orangtua pun wajib untuk memerhatikan proses tumbuh kembang anaknya. Apalagi, karakter seorang anak sudah mulai terbentuk sejak usia dini atau sejak masa golden age. Hal ini pun juga sangat dicermati oleh Linda Gumelar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Peran orangtua pada saat golden age itu penting dan perlu dioptimalkan. Sekarang sarananya banyak, kita tinggal browsing saja sudah bisa lihat,” ujarnya kepada Okezone di kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menurut Linda, seorang anak pada masa golden age memang harus mendapat perhatian khusus. Sebab, disitulah mereka sudah bisa merekam semua yang dilihat ataupun dirasakan untuk membentuk wataknya.

“Makanya usia anak tumbuh kembang usia 0-8 tahun atau golden age itu sangat penting, karena disitulah dia merekam semuanya dia membentuk wataknya, lebih responsif dalam berinteraksi,” terangnya.

“Ini akan berkembang terus selama hidupnya dan pada saat dia tua dalam keadaan sulit, stres yang direkam itu pada saat golden age itu, bagaimana mengatasi masalah pada saat dia tumbuh kembang itu,” imbuhnya.

Kendati begitu, orangtua juga tidak lantas melakukan berbagai aturan ketat kepada buah hatinya. Terlebih di zaman yang semakin modern seperti sekarang, tentunya mereka harus lebih mengerti bagaimana memberikan hal yang paling baik kepada anak-anaknya, khususnya dalam membentuk karakter diri.

“Ikuti perubahan itu secara positif, kawal selalu anak-anak kita,” tutupnya.



SUMBER:WWW.OKEZONE.COM

0 komentar:

Poskan Komentar