Rabu, 27 Februari 2013

Meteor yang jatuh di Rusia ternyata masih 'tetangga' kita




 9f18 lucky fazriyani

Jatuhnya meteor di Rusia yang terjadi beberapa minggu lalu mengundang pertanyaan: dari manakah sumber benda angkasa itu? Hal inilah yang coba dijawab oleh beberapa ahli asal Kolombia.

Seperti yang dilansir oleh BBC (26/2), bermodalkan video dan bukti-bukti seputar tempat jatuhnya meteor ini, para astronom akhirnya bisa mengetahui dari mana meteor yang mampu melukai 1000 orang ini berasal. Ada sedikitnya enam aspek berbeda yang digunakan peneliti untuk mengetahui pergerakan meteor, salah satunya adalah arah bayangan meteor ketika terekam oleh kamera warga sipil.

Peneliti yang dimotori oleh Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari University of Antioquia kemudian menggunakan rumus trigonometri sederhana untuk mengukur tinggi kecepatan dan posisi meteor ketika jatuh. Hasil perhitungan ini kemudian dimasukkan ke dalam sebuah software khusus yang dikembangkan oleh US Naval Observatory.

Hasilnya, para peneliti memperkirakan bahwa meteor ini berasal dari sebuah keluarga batuan luar angkasa bernama Asteroid Apollo. Asteroid ini sendiri memang diketahui memiliki orbit yang bersinggungan dengan orbit bumi.

Hal ini diketahui dari orbit meteor tersebut yang berbentuk lonjong dengan kecenderungan rendah. Sehingga bisa disimpulkan bahwa meteor ini berasal dari sistem tata surya yang sama dengan bumi.

sumber: merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar