Rabu, 27 Februari 2013

Membantu orang lain ampuh meredakan stres




  9f18 lucky fazriyani

Seseorang yang stres biasanya akan berusaha untuk rileks, pergi ke salon, berbelanja, atau melakukan aktivitas lain demi menyenangkan dirinya sendiri. Namun menurut penelitian terbaru, cara terbaik untuk mengatasi stres sebenarnya adalah dengan membantu orang lain.

Menurut penelitian dalam American Journal of Public Health, kehilangan pekerjaan atau orang terkasih adalah beberapa hal yang memicu stres kronis. Tetapi di antara 864 responden yang terlibat dalam penelitian, mereka yang tetap berusaha membantu orang lain berisiko rendah mengalami kematian dini akibat stres.

Sementara itu, orang-orang yang tidak punya usaha membantu yang lain justru membuat stresnya semakin parah. Bahkan risiko kematian akibat stres meningkat sebesar 30 persen.

"Saat Anda fokus pada keadaan sekitar, sebenarnya kadar stres akan berkurang. Sehingga dampaknya akan mempengaruhi kesehatan," terang kepala peneliti, Michael Poulin dari University of Buffalo, seperti yang dikutip dari Today Health.

Membantu orang lain pun disebutkan peneliti sebagai perbuatan yang tidak sulit dilakukan. Beberapa di antaranya bahkan cukup sederhana dan siapapun bisa melakukannya. Misalnya:

1.  Memberi tumpangan pada teman yang ingin pergi ke suatu tempat yang arahnya sama dengan tujuan Anda.
 2.  Membawakan camilan untuk teman kerja.
 3.   Berbelanja dalam paket besar agar Anda lebih berhemat. Kemudian membagi makanan tersebut dengan tetangga sebelah.
  4.  Mengubah hobi menjadi bentuk bantuan. Contohnya jika Anda suka fotografi, jangan segan membantu kerabat ketika mereka membutuhkan orang untuk mendokumentasikan sebuah acara.

sumber: merdeka.com















0 komentar:

Posting Komentar