Rabu, 27 Februari 2013

Melahirkan bayi laki-laki bisa memperpendek usia ibu?



 


 9f18 lucky fazriyani


Ada sebuah mitos yang menyebutkan kalau melahirkan laki-laki bisa memperpendek usia ibu. Mitos itu pun dibenarkan oleh para peneliti dari University of Turku di Finlandia.

Menurut peneliti, usia ibu yang punya anak laki-laki memang lebih pendek delapan bulan daripada mereka yang melahirkan anak perempuan. Perkiraan usia tersebut pun terlepas dari status sosial maupun kekayaan dari ibu,

Sementara itu, jenis kelamin anak tidak mempengaruhi usia ayah. Peneliti pun menyampaikan kalau ada alasan biologis kenapa hanya wanita yang berisiko mati muda jika melahirkan anak laki-laki.

Salah satu teori menyebutkan kalau mengandung bayi laki-laki membuat kadar testosteron wanita meningkat. Sehingga sistem imun semakin melemah. Bayi laki-laki juga tumbuh dengan cepat di dalam janin sehingga biasanya ibu keberatan ketika mengandung.

"Penelitian ini menunjukkan kalau semakin banyak anak laki-laki yang dilahirkan, semakin rendah kesempatan ibu untuk hidup lebih lama," terang kepala peneliti, Dr Samuli Helle, seperti yang dikutip dari Daily Mail (27/02).

Hormon estrogen - yang diproduksi tubuh saat wanita hamil - juga dipercaya peneliti sebagai pendukung panjangnya usia ibu. Hormon tersebut tepatnya menjaga kesehatan kulit, rambut, tulang, dan pembuluh darah wanita, serta mencegah osteoporosis.

Peneliti lantas melaporkan hasil studi tersebut dalam jurnal Biology Letters.


sumber: merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar