Kamis, 14 Februari 2013

Lansia Bersepeda Ontel Ditemukan Tewas di Area Tambang

9E15 Koriah


TABALONG - Seorang wanita lanjut usia ditemukan tewas di pinggiran jalan menuju tambang batubara di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Diduga, wanita berusia 64 tahun itu menjadi korban tabrak lari truk trailer batubara yang kerap melintas. 

Suasana duka menyelimuti kediaman Irim di  Desa Warukin, Kecamatan Tanta. Ratusan keluarga dan warga setempat silih berganti mendatangi rumah almarhumah. Mereka yang sebagian besar merupakan Suku Dayak lalu mengadakan ritual yang disebut dengan Bepalas.

Berdasarkan informasi, sebelum ditemukan tewas bersimbah darah, Irim pamitan pergi ke kebun menggunakan sepeda ontel pada Kamis (14/2/2013) pagi. Namun, saat di kilometer 64 menuju area tambang, korban diserempet truk batubara milik sub-kontraktor PT Adaro Indonesia. Saat ditemukan, jasadnya berpisah sejauh 15 meter dari sepeda yang ia tumpangi.

“Diserempet truk trailer ketika akan berkebun. Jasad dan sepedanya terpisah lebih kurang sejauh 15 meter,” ujar seorang warga, Epekuse di lokasi.

Epekuse berharap, perusahaan peduli dengan nasib warga sekitar di sekitaran tambang, dengan membangun jalan alternatif. Tujuannya, agar warga Warukin yang meyoritas petani, tidak lagi melintasi jalan tersebut untuk sampai ke kebun atau ladang mereka.

Sebagai bentuk protes atas kecelakaan itu, warga menutup jalan menuju tambang, yang berakibat terhentinya aktifitas perusahaan. Rencananya, jalan akan dibuka kembali, setelah korban dimakamkan. 
Sumber: okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar