Rabu, 27 Februari 2013

Divonis 134 Hari, Terdakwa Tawuran Tanah Abang Bebas Hari Jumat



9C17 INNA FARHANIYAH 

Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menghukum lima orang terdakwa kasus tawuran di Tanah Abang Oktober 2012 lalu selama 134 hari. Sesuai perhitungan hari, maka mereka dapat menghirup udara bebas Jumat, (1/3).

Mereka adalah Ahmad Febri (23), Alfian Sanjaya (19), Budiman (22), Riskyansyah (21), Irwanto alias Iwan Iwel (27). Mereka ditangkap karena terlibat tawuran oleh Polsek Tanah Abang pada 15 Oktober 2012.

"Menimbang, karena kerusakan yang ditimbulkan tidak seberapa dan tidak ada korban jiwa dan terdakwa masih muda dan tidak pernah dihukum sebelumnya, maka terdakwa divonis hukuman 4 bulan 14 hari penjara," ujar ketua majelis hakim Nur Ali pada saat sidang putusan di PN Jakpus, Jalan Gadjah Mada, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2013).

Hukuman ini lebih rendah dari pada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut 6 bulan penjara. Mereka dikenakan pasal 170 ayat 1 KUHP.

Kasus ini bermula pada ketika RT 05/011 Kelurahan Tanah Abang terlibat tawuran. Dari kejadian tersebut, kaca jendela dan etalase seorang warga yang bernama Badaruddin pecah oleh lima terdakwa ini. Tak terima, sang pemilik rumah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tanah Abang dan kelima pelaku ini diamankan malam itu juga.

Dalam persidangan, kelima terdakwa mengaku telah melakukan pelemparan ke rumah Badaruddin sehingga proses hukum tetap dilanjutkan hingga sidang putusan hari ini.

"Karena mereka mengakui telah melempar, maka mereka tetap dikenai hukuman, tapi karena sudah sejak Oktober 2012 menjalani proses hukuman, mereka dapat bebas pada Jumat (1/3) ini," ujar Supardjan.

Saat ini para terdakwa sudah dalam proses administrasi untuk dapat keluar dari penjara.

sumber : detikNews

0 komentar:

Posting Komentar